SOLOPOS.COM - Saykoji (Instagram @saykoji)

#sayaindonesia #sayapancasila #pekanpancasila

A post shared by Ignatius Penyami (@saykoji) on

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saykoji menuai berbagai pujian seusai menciptakan lagu khusus untuk merayakan hari Lahir Pancasila.

Solopos.com, SOLO – Peringatan hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017), dirayakan dengan beragam cara. Kalimat, saya Pancasila, saya Indonesia, telah bergaung di telinga seluruh rakyat Indonesia. Bahkan pada Kamis, berbagai unggahan di dunia maya didominasi oleh kolase foto dengan tulisan tersebut.

Semua elemen masyarakat, mulai dari rakyat biasa, pejabat, sampai artis beramai-ramai mengunggah foto kolase mereka dengan tulisan tersebut sebagai bentuk nasionalisme. Tak hanya foto, penyanyi rap Ignatius Penyami atau yang lebih dikenal dengan nama Saykoji bahkan membuat lagu khusus untuk merayakan momen sakral itu.

Lagu tersebut dipamerkan Saykoji melalui video singkat yang diunggah di akun Instagram pribadinya, @saykoji. Dalam video itu, ia menyanyikan lirik lagu yang mengguggah semangat nasionalisme.

“Empat lima Juni yang pertama awali tahun merdeka rumusan yang perdana. Menjadi falsafah dan ideologi bersama. Dunia dibuat terpana melesat laksana kencana,” ujar Saykoji dengan cepat.

“Lima dasar pondasi Indonesia merdeka dari sejumlah falsafah dunia berdiri berbeda. Dirancang untuk satukan bukan untuk jadi sengketa. Abadi pada garuda, selaras dengan bendera,” sambung dia.

“Ketuhanan yang Maha Esa nomor satu. Kemanusiaan adil dan beradab yang berlaku. Persatuan Indonesia seluruh rakyat berpadu. Kerakyatan musyawarah perwakilan yang mengacu pada tujuan keadilan sosial bagi seluruh rakyat teramat krusial. Saya Indonesia, saya Pancasila selamanya terpatri dalam hati takkan sirna,” tutur Saykoji mengakhiri nyanyiannya.

Capture video lagu rap yang dinyanyikan Saykoji (Instagram @saykoji)

Capture video lagu rap yang dinyanyikan Saykoji (Instagram @saykoji)

Video itu lantas menuai pujian dari warganet. Mereka menilai lagu tersebut sangat bagus dan mampu menggunggah semangat nasionalisme bagi generasi muda.

“Ini baru rapern sejati, punya andil untuk memajukan negeri. Beda sama artis sebelah, pendatang baru tapi sombongnya setengah mati. Keren bang, mengguggah semangat banget,” puji @siaab.

Rapper paling keren di Indonesia. Dari dulu sampe sekarang gak ada duanya,” sambung @shintaclara78.

“Dalam setiap situasi dia selalu punya kata untuk dijadikan lagu, bangga banget,” imbuh @estrisulasstry.

“Keren banget selalu menunjukkan cinta Indonesia dengan karya yang tulus dan terbaik,” lanjut @florence.personalshopper.

Sementara itu, beberapa warganet lainnya malah membandingkan Saykoji dengan rapper pendatang baru, Young Lex. Mereka menantang Young Lex membuat lagu seperti milik Saykoji yang menginspirasi.

“@young_lex18 liat ni baru rapper sejati. Bukan kayak lo yg banyak gaya tapi gak ada apa2,” cibir @dendi_kusuma.

“Ini baru rapper, nah kamu @young_lex18? Nyanyi tiny winny bitty mungkin gak bisa,” sambung @ramadian_ak.

“Model begini yang bisa bikin Indonesia bangga. Bukan kayak yang ono kebanyakan sensasi, prestasi nol,” imbuh @benedikta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya