Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

 Tim Rescue Damkar Wonogiri berhasil mengevakuasi Ular Sanca yang masuk ke pemukiman warga Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (19/5/2022) tengah malam. (Istimewa/ Ayiep Donni Listria Sakti)

SOLOPOS.COM - Tim Rescue Damkar Wonogiri berhasil mengevakuasi Ular Sanca yang masuk ke pemukiman warga Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (19/5/2022) tengah malam. (Istimewa/ Ayiep Donni Listria Sakti)

Solopos.com, WONOGIRI — Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Kamis (19/5/2022).

Salah satu Pasukan Fungsional Penyelamatan Damkar Wonogiri, Ayiep Donni Listria Sakti, menceritakan kronologi sebelum petugas damkar mengevakuasi ular sanca pada Kamis malam itu.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Bermula saat Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Wonogiri menerima laporan warga Kebyuk RT 003/RW 012, Pokoh Kidul sekira pukul 23.30 WIB.

Sesaat setelah menerima laporan tersebut sebanyak lima orang dari tim evakuasi Damkar Wonogiri segera mendatangi tempat kejadian.

“Pada Kamis [19/5/2022] tengah malam, Damkar Wonogiri menerima laporan atas nama Muji. Ia meminta bantuan mengevakuasi ular sanca di tengah-tengah permukiman warga. Tak berselang lama, kami langsung ke sana,” kata Donni saat dihubungi Solopos.com via WhatsApp, Jumat (20/5/2022) pagi.

Baca Juga : Mau Melahirkan, Calon Ibu Muda Datangi Markas Damkar Wonogiri, Kenapa?

Donni menjelaskan proses evakuasi ular sanca tidak membutuhkan waktu lama. Tim evakuasi hanya perlu waktu lebih kurang lima menit untuk menangkap ular sanca dalam keadaan hidup.

Ketika dievakuasi, lanjutnya, ular sanca itu berada di tengah-tengah pohon bambu. Ular itu bersembunyi dan menggeliat di antara pohon-pohon bambu di Kampung Kubyuk, Pokoh Kidul.

“Saat proses evakuasi, kami sempat terkendala kondisi tempat kejadian. Sebab ular sanca itu membelit batang-batang bambu. Ularnya berada di tengah-tengah pohon. Terlebih ularnya masih liar dan sangat agresif,” ujar Donni.

Setelah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, tim Damkar Wonogiri langsung memindahkan ular sanca tersebut ke habitat aslinya, yaitu Hutan Danau. Pertimbangan mereka agar ular sanca tersebut aman dan populasi terjaga.

Baca Juga : Heroik, Damkar Wonogiri Evakuasi Anak Kucing Terjebak di Gorong-Gorong

Selain itu, tutur dia, agar ular tidak kembali masuk ke permukiman sehingga tidak menganggu ketenangan warga. “Saya berpesan kepada masyarakat supaya tetap menjaga dan menyayangi alam. Termasuk, melindungi makhluk Tuhan, seperti ular sanca itu.”

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Nama delapan calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen mendadak hilang dari daftar PPDB 2022 sekolah tersebut. Diduga ada orang yang membatalkan pendaftaran delapan siswa tersebut.

Tragis! Anak Semata Wayang Korban Pantai Drini Sebentar Lagi Menikah

Putra semata wayang wisatawan asal Grogol, Sukoharjo, yang menjadi korban terseret ombak di Pantai Drini, Gunungkidul, berencana menikah akhir bulan ini.

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Boyolali jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.