SOLOPOS.COM - Tim Rescue Damkar Wonogiri berhasil mengevakuasi Ular Sanca yang masuk ke pemukiman warga Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (19/5/2022) tengah malam. (Istimewa/ Ayiep Donni Listria Sakti)

Solopos.com, WONOGIRI — Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Kamis (19/5/2022).

Salah satu Pasukan Fungsional Penyelamatan Damkar Wonogiri, Ayiep Donni Listria Sakti, menceritakan kronologi sebelum petugas damkar mengevakuasi ular sanca pada Kamis malam itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bermula saat Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Wonogiri menerima laporan warga Kebyuk RT 003/RW 012, Pokoh Kidul sekira pukul 23.30 WIB.

Sesaat setelah menerima laporan tersebut sebanyak lima orang dari tim evakuasi Damkar Wonogiri segera mendatangi tempat kejadian.

“Pada Kamis [19/5/2022] tengah malam, Damkar Wonogiri menerima laporan atas nama Muji. Ia meminta bantuan mengevakuasi ular sanca di tengah-tengah permukiman warga. Tak berselang lama, kami langsung ke sana,” kata Donni saat dihubungi Solopos.com via WhatsApp, Jumat (20/5/2022) pagi.

Baca Juga : Mau Melahirkan, Calon Ibu Muda Datangi Markas Damkar Wonogiri, Kenapa?

Donni menjelaskan proses evakuasi ular sanca tidak membutuhkan waktu lama. Tim evakuasi hanya perlu waktu lebih kurang lima menit untuk menangkap ular sanca dalam keadaan hidup.

Ketika dievakuasi, lanjutnya, ular sanca itu berada di tengah-tengah pohon bambu. Ular itu bersembunyi dan menggeliat di antara pohon-pohon bambu di Kampung Kubyuk, Pokoh Kidul.

“Saat proses evakuasi, kami sempat terkendala kondisi tempat kejadian. Sebab ular sanca itu membelit batang-batang bambu. Ularnya berada di tengah-tengah pohon. Terlebih ularnya masih liar dan sangat agresif,” ujar Donni.

Setelah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, tim Damkar Wonogiri langsung memindahkan ular sanca tersebut ke habitat aslinya, yaitu Hutan Danau. Pertimbangan mereka agar ular sanca tersebut aman dan populasi terjaga.

Baca Juga : Heroik, Damkar Wonogiri Evakuasi Anak Kucing Terjebak di Gorong-Gorong

Selain itu, tutur dia, agar ular tidak kembali masuk ke permukiman sehingga tidak menganggu ketenangan warga. “Saya berpesan kepada masyarakat supaya tetap menjaga dan menyayangi alam. Termasuk, melindungi makhluk Tuhan, seperti ular sanca itu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya