Doan Van Hau (Instagram)

Solopos.com, SOLO - Doan Van Hau memang menjadi pahlawan Vietnam dalam merebut medali emas SEA Games 2019 cabang olahraga sepak bola putra. Namun, Van Hau juga melakukan pelanggaran yang membuatnya dibenci publik Indonesia.

Vietnam meraih emas sepak bola SEA Games 2019 setelah mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0, Selasa (10/12/2019) malam WIB. Van Hau melesakkan dua gol, sementara satu gol lainnya dibuat oleh Do Hung Dung.

Namun sebelum Vietnam mencetak gol-gol tersebut, Van Hau lebih dulu melanggar Evan Dimas. Dia menginjak kaki Evan hingga akhirnya pemain Barito Putera itu tak bisa melanjutkan pertandingan. Evan kemudian digantikan oleh Syahrian Abimanyu.

Tanpa Evan, Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Vietnam. Hingga akhirnya mereka kalah dengan skor telak. Netizen Indonesia lantas menyerang Instagram Van Hau. Mereka mengucapkan sumpah serapah di unggahan terakhir Van Hau.

Foto yang diunggah pada 1 Desember 2019 itu menunjukkan Van Hau sedang berada di lapangan menggunakan jersey Vietnam. Postingan ini mendapat like dan 68.000 dan komentar 147.000. Banyak warganet asal Indonesia yang berkomentar di foto ini setelah dia mencedarai Evan Dimas.

"Kalo main yang bener woy, bisa main ga sih? Sini gua ajarin sekalian kita baku hantam," kata pengguna akun @1kaaaay_.

"I appreciate your victory, but not the way you play, thanks," timpal pengguna akun @devana_dzsudzsa.

Mayoritas, ungkapan-ungkapan kasar yang dilontarkan di kolom komentar. Namun ada pula yang sedikit memperhalus kata-katanya. "Pemain raiso mbedakno endi sikil endi bal, ngono kok maen nek sea game, kebangeten," kicau pengguna ahmadafif14.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten