Pemuda asal Tegal Makmur RT 004/RW 005 Banjarsari, Solo, Muhammad Arrifai bersama sang ibunda, Pari, menunjukkan beberapa sketsa wajah karyanya, Kamis (2/1/2019) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO - Siswa SMKN 9 Solo bernama Muhammad Arrifai, 18, membuat bangga keluarganya karena membuat lukisan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lukisan itu dititipkan kepada Gibran Rakabuming untuk diserahkan ayahandanya.

Kini lukisan pertama Arrifai itu sudah di tangan Jokowi. “Kemarin [Rabu, 1/1/2020] saya dikirimi foto lukisan saya sedang dipegang Pak Jokowi. Senang sekali rasanya. Bangga, lukisan anak seperti saya bisa diterima Presiden,” ujar dia, Kamis (2/1/2019).

Video Viral: Tangguh! Angkot Isuzu Panther Terobos Banjir Tanpa Mogok

Arrifai adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Ngatiman-Pari. Ayah Arrifai bekerja sebagai penarik becak selama puluhan tahun. Sedangkan ibundanya menjaga warung kelontong di rumahnya di Tegal Makmur RT 004/RW 005 Banjarsari.

“Tidak menyangka ternyata Pak Presiden menghargai karya saya dan mau menerima lukisan seperti itu,” imbuh dia. Arrifai menitipkan lukisannya kepada Gibran saat putra sulung Presiden Jokowi itu bersilaturahmi dengan warga di dekat rumah dia.

Tak ada yang menyuruhnya melakukan hal itu. Arrifai berinisiatif sendiri memberikan lukisan itu sebagai hadiah kepada Presiden. Dia rela menunggu sekira satu jam hingga acaranya selesai untuk bisa menyerahkan lukisan itu kepada Gibran.

“Rasanya jadi tambah semangat untuk mengasah minat saya di bidang seni lukis. Sebab saya tidak punya keterampilan lain, hanya bisa melukis. Hobi melukis sudah saya jalani sejak masih duduk di bangku sekolah dasar hingga saat ini,” urai dia.

Kini Arrifai telah duduk di bangku kelas III SMKN 9 Solo jurusan seni lukis. Ke depan dia berharap bisa lebih banyak berkarya untuk diapresiasi masyarakat. “Saya sedang tahap belajar dari para senior seperti Pak Anggit Asmara Bangun,” aku dia.

Eli Nasoka Segera Gabung Persis Solo

Seperti saat melukis wajah Jokowi, Arrifai sedang mengikuti program magang di rumah Anggit di wilayah Jebres. Untuk menyelesaikan lukisan Jokowi, Arrifai membutuhkan waktu sekitar sebulan. Dia pun beberapa kali mengulang lukisannya.

“Beberapa kali saya ulang lukisan karena terjadi kesalahan-kesalahan. Rasanya kurang bagus. Tapi akhirnya setelah bekerja keras sekitar satu bulan saya bisa menyelesaikan lukisan itu bi kanvas selebar 40x60 centimeter persegi,” terang dia.

Sedangkan ibunda dari Arrifai, yaitu Pari, mengaku terharu dan bangga anaknya mampu membuat lukisan yang diapresiasi Presiden Jokowi. Dia mengaku selalu mendukung minat dan bakat anak-anaknya agar tumbuh secara baik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten