SOLOPOS.COM - Salah satu karya pelukis Antonius Kho. (instagram @khoantonius58)

Solopos.com, SOLO — KBRI Tiongkok merangkap Mongolia menfasilitasi enam pelukis Indonesia untuk mengikuti pameran seni bergengsi The 9thBeijing International Art Biennale.

Ajang The 9thBeijing International Art Biennale (BIAB) mengusung tema Light of Life dengan fokus pada semangat antiepidemi dan semangat olimpiade. BIAB diselenggarakan pada 21 Januari hingga 15 Februari 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keenam seniman Indonesia yang terpilih tersebut adalah, Mas Hedi Suryatna (Fighting Coronavirus), Antonius Kho (Safe Our Generation), Lutfi Yanuar (Eclectic Identity), Rusli (Struggle and Hope), dan Dicky Takndare (The Return of Manamarkeri) dan Sih Elsiwi Handayani Oratmangun (Heading Towards Perfection).

Djauhari Oratmangun, Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia mengatakan hasil karya keenam pelukis dipilih oleh kurator dari 47 submissions dari Indonesia.

Menurutnya, seni dapat menyediakan saluran bagi orang-orang untuk bersatu melawan epidemi dan menenangkan emosi mereka selama epidemi.

Beijing Biennale bukan hanya platform yang bagus untuk merayakan karya seni indah dan bermakna dari seluruh dunia, tetapi juga platform yang berguna untuk menunjukkan harapan umat manusia akan masa depan yang lebih baik setelah epidemi,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Selasa (25/1/2022).

Djauhari mengaku sangat bangga pelukis Indonesia kembali tampil pada ajang BIAB. Pasalnya, sejak Beijing Biennale diluncurkan pada 2002, seniman Indonesia selalu terpilih untuk menghadirkan karya terbaiknya.

Ketua China Artist Association, Ma Fenghui, mengatakan pameran seni yang diselenggarakan oleh BIAB dapat menjadi jembatan antara Timur dan Barat, serta dapat menjalin ikatan tradisional dan moderen.

Adapun, pada BIAB 2022 terdapat 573 seniman dari 117 negara yang terpilih untuk mengikuti ajang BIAB. China Artists Association bersama dengan China Federation of Literary and Art Circles dan Pemerintah Kota Beijing merupakan sponsor utama kegiatan pameran ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya