SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jus kentang. (Okezone)

Solopos.com, SOLO – Kentang termasuk dalam jajaran umbi batang yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Bahkan sebagian orang memilih kentang sebagai makanan pokok pengganti nasi karena memiliki Angka Kecukupan Gizi (AKG) hampir setara.

Menurut data dari United States Department of Agriculture, kentang utuh memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih rendah dari nasi. Namun, ketika mengonsumsi kentang dalam jumlah yang sama dengan nasi, akan tetap membuat Anda kenyang dan mendapatkan nutrisi tanpa mengurangi porsi makan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

German Open 2020 Dibatalkan Terkait Virus Corona

Selain dikukus dan digoreng, kentang juga bisa dibuat jus. Kedengarannya memang aneh, tapi tahukah Anda manfaat dari jus kentang apa saja? Simak uraiannya seperti dikutip dari Boldsky Jumat (21/2/2020) berikut ini:

Melancarkan pencernaan
Kentang kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi setengah cangkir jus kentang dua hingga tiga kali satu jam sebelum makan, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda karena mengandung banyak alkali.

Alkali dapat membantu menetralkan kelebihan asam dalam tubuh. Alkali dalam jus kentang dapat menurunkan refluks asam, meredakan gastritis dan mengurangi keparahan masalah perut.

Tanpa Fans, Inter Milan Sukses Lewati Cobaan

Meningkatkan kekebalan tubuh
Jus kentang kaya akan vitamin C, antioksidan flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Zat tersebut dapat berperan sebagai imunitas dan melawan berbagai penyakit dalam tubuh kita. Menurut penelitian dalam Nutrition dan Cancer 2011, antioksidan pada kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker dan usus besar.

Baik untuk hati
Menurut pedoman diet 2010 oleh USDA dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan seperti dikutip dari farmfreshdirect, kentang tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Hal ini sangat bermanfaat mengobati masalah kantung empedu dan membersihkan hati. Jus kentang mampu meningkatkan kemampuan hati untuk menghilangkan produk kotoran dan racun keluar dari tubuh.

Sah! HP Black Market Mati Selamanya Mulai Tanggal Ini

Membantu menurunkan berat badan
Kentang telah terbukti memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih rendah dari nasi. Memilih makanan yang mengandung lebih sedikit kalori akan membantu mengurangi asupan kalori yang sedang Anda kurangi ketika sedang diet.

Kentang juga mengandung vitamin C yang bermanfaat mempercepat metabolisme lebih cepat. Minum jus kentang setelah makan dapat menekan rasa lapar Anda serta mencegah makan berlebihan.

Mencegah penuaan
Manfaat jus kentang lainnya, sangat berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Karena kentang kaya akan vitamin B dan kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel-sel kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Jus kentang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, serta bintik-bintik hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya