SOLOPOS.COM - Talkshow virtual bertajuk Investasi Emas Sesuai Gayamu yang diselenggarakan oleh Solopos bekerja sama dengan Pegadaian dan Galeri 24, Rabu (13/1/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Investasi emas memang kian menjanjikan. Selain asetnya nyata, tahan terhadap inflasi, serta mendatangkan keuntungan di masa-masa mendatang.

Namun demikian, dalam berinvestasi emas ini diperlukan langkah yang bijak agar tak menggelontorkan semua aset yang dimiliki. Setidaknya masyarakat bisa mengalokasikan 10% dari penghasilannya untuk berinvestasi.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Adalah Pegadaian dan Galeri 24 yang menghadirkan beragam produk investasi emas yang terpercaya. Ini mengemuka dalam talkshow virtual bertajuk Investasi Emas Sesuai Gayamu yang diselenggarakan oleh Solopos bekerja sama dengan Pegadaian dan Galeri 24, Rabu (13/1/2021).

Regional Manager 7 Semarang Galeri 24, Larasasih Jatikusumo, mengatakan harga emas memang sangat menggiurkan. Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir harga emas meningkat tajam. Begitu saat pandemi, permintaan investasi emas justru melejit.

“Kita mesti tentukan dulu tujuan investasinya. Setelah itu kita alokasikan dana berapa untuk investasi. Hal yang perlu dicatat, kita jangan sampai terbawa emosi mengalihkan semua aset untuk investasi emas, padahal kita punya kebutuhan-kebutuhan lain. Maka, kita mesti merencanakan terlebih dahulu,” kata dia.

Profil Syekh Ali Jaber: Hapal Al-Quran Di Usia 10 Tahun

Aneka Produk Emas

Laras membeberkan investasi bisa dilakukan dengan membeli produk emas di Galeri 24 yang merupakan anak perusahaan Pegadaian yang menjual produk emas secara tunai. Produknya antara lain emas batangan, perhiasan, dan berlian. Aneka produk ini bisa didapatkan masyarakat di outlet Galeri 24 di seluruh Indonesia.

Galeri 24 menjual emas batangan berbagai merek, mulai dari Antam, UBS, Lotus Archie, dan brand asli Galeri 24 yang bekerja sama dengan UBS. Ada pula perhiasan dan berlian. Belakangan, Galeri 24 berinovasi dengan menghadirkan emas gift series yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kado pernikahan, ulang tahun, hingga mahar pernikahan.

“Dari berbagai merek ini bedanya apa, ya hanya pabrik pembuatnya dan tulisannya. Barangnya sama-sama emas dan fungsinya sama bila untuk investasi. Sementara mengapa harganya berbeda, ini kembali ke masing-masing pengelola. Misalnya toko satu dengan yang lain marginnya berbeda,” papar dia.

Laras menggarisbawahi keuntungan membeli produk emas di Galeri 24 ini bisa diperjualbelikan di outlet Galeri 24 di mana saja. Total ada sebanyak 104 gerai di Indonesia. Selain itu, harga yang berlaku secara nasional, jadi satu harga.

Selain itu, investasi dilakukan saat ini dan seadanya dana. Ia mengingatkan masyarakat jangan karena harga naik lalu panik membeli emas karena ketakutan harganya makin tinggi. Sebaliknya, saat harga turun emas yang dimiliki jangan langsung dijual jor-joran karena khawatir harga emas makin jeblok. Di samping itu, simpan emas dalam jangka waktu sekitar 3-5 tahun, jika dalam jangka waktu dekat belum terlalu menguntungkan.

“Kalau terlanjur aset semua dialihkan ke ke emas, simpan dulu emasnya. Pembelian dilakukan emosional tidak baik, ketika emas naik malah beli, saat turun malah dijual, seperti ini jatuhnya rugi,” ujar dia.

Tak Hanya Meningkatkan IQ, Ini Manfaat Menulis Buku Harian

Wajib Direncanakan

Kepala Departemen Produk Non Gadai Pegadaian Area Surakarta, Sumarmi, menjelaskan investasi memang sangat penting, tapi juga wajib direncanakan. Misalnya, alokasi untuk investasi ini 10% dari keseluruhan penghasilan. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam berinvestasi adalah keamanan, risiko rendah, mudah dicairkan, adanya perlindungan, dan keuntungannya jelas.

“Dari jenis investasi yang tersedia di pasar bisa dicari untung kelebihannya apa. Salah satunya adalah emas. Mengapa emas? asetnya nyata, tahan terhadap inflasi, mudah dicairkan, mudah diperoleh, dan keuntungannya jelas,” papar dia.

Menurutnya, grafik harga emas sejak 2007 selalu meningkat. Emas hitungannya 3 tahunan untuk investasi. Adapun investasi ini di masa mendatang untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pendidikan, modal usaha, pernikahan, dana darurat, dana pensiun, dan tabungan haji.

Di Pegadaian ada sejumlah produk yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mulai investasi emas. Pertama, tabungan emas. Transaksinya bisa secara online, pembelian mulai dari 0,01 gram, jaminan karatase24 karat bersertifikat, serta membuka rekening online mulai Rp50.000.

Kedua, cicil emas atau angsuran emas. Bisa bertransaksi secara online, berat emas 0,5 gram - 1 kilogram, uang muka mulai 15%, dan mudah dicairkan. Ketiga, gadai tabungan emas dan keempat kredit angsuran sistem gadai.

“Syarat memulai investasi di Pegadaian hanya dengan KTP lalu datang ke outlet terdekat atau bisa mengaksesnya dengan aplikasi pegadaian digital service,” jelas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya