SOLOPOS.COM - Siswa SMK di Soloraya mengikuti lomba Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang digelar DPP Sahabat Ganjar Relawan Indonesia atau Saga Relawan Indonesia di Hotel Novotel Solo, Sabtu (21/5/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sahabat Ganjar Relawan Indonesia atau Saga Relawan Indonesia menggelar lomba Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Sabtu (21/5/2022). Pesertanya adalah siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) se-Soloraya,

Lomba yang berlangsung di Hotel Novotel Solo itu diikuti peserta dari Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten. Kegiatan tersebut mengusung tema Menyiapkan Kompetensi SDM yang Berdaya Saing pada Era Society 5.0.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Ketua DPW Sahabat Ganjar Relawan Indonesia Jateng, Herson Rikumau, mengatakan ada 20 tim yang ikut serta didampingi guru masing-masing. “Masing-masing tim terdiri dua orang,” ujar dia saat diwawancara wartawan di sela kegiatan.

Herson menjelaskan lomba TKJ diharapkan dapat merangsang para siswa untuk terus menimba ilmu. “Kita ingin generasi muda tak kalah dalam pemahaman itu. Karena teknologi digital semakin berkembang dan masa depan Indonesia dipegang anak-anak muda ini. Sekiranya sudah dipahami, semoga bisa mengembangkan bangsa Indonesia ini,” urai dia.

Lebih jauh, Herson menjelaskan Sahabat Ganjar Relawan Indonesia merupakan organisasi sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Organisasi yang punya wakil di 34 provinsi dan 17 negara itu sudah terdaftar di Kemenkumham.

Baca Juga: Sukarelawan Ganjar Sragen Mulai Bergerak, Gelar Aksi Bangun Talut

Tak dipungkiri lomba TKJ yang digelar merupakan upaya untuk lebih mengenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada anak-anak muda. “Karena Pak Ganjar sangat memperhatikan dunia pendidikan. Pak Ganjar intensif melihat potensi-potensi di SMK,” terang dia.

Herson mengatakan generasi muda menjadi sasaran utama pergerakan Sahabat Ganjar saat ini. Apalagi mereka akan mendominasi jumlah pemilih di Pemilu 2024. “Diperkirakan jumlah generasi muda dan pemilih pemula di 2024 sampai 60%,” ujar dia.

Dengan pendekatan kegiatan yang dilakukan saat ini diharapkan generasi muda tersebut semakin mengenal dan dekat dengan sosok Ganjar Pranowo. “Sehingga tertanam dalam diri mereka bahwa Pak Ganjar sosok yang peduli dengan anak muda,” kata dia.

Selain lomba TKJ, menurut Herson, Sahabat Ganjar sudah menggelar lomba E-sport game Mobile Legends (ML) di Solo, Klaten, dan Karanganyar. Ke depan, lomba yang sama akan digeber di daerah Boyolali dan Sragen.

Baca Juga: Sukarelawan Ganjar Pranowo Dirikan Posko di 2 Kecamatan di Sragen

Alasan mendukung Ganjar di Pilpres 2024, Herson menyebut sosok Gubernur Jateng mampu melanjutkan program-program Presiden Jokowi. Selain sudah terbukti memimpin Jateng, Ganjar rajin terjun di tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya