SOLOPOS.COM - Ilustrasi depresi (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO-Pernahkah Anda bicara  kepada diri sendiri? Kebanyakan orang menganggap kegiatan ini sebagai bentuk kegilaan atau ketidakwarasan.

Padahal bicara kepada diri sendiri punya banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental kita selama masa pandemi Covid-19 ini. Apa sajakah manfaat bicara kepada diri sendiri? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Upaya untuk bisa bertahan pada masa sulit seringkali bisa dilakukan dengan memotivasi pikiran dengan kata dan tindakan yang positif. Tak bisa dipungkiri, ada beberapa pihak yang menilai Anda gila ketika berbicara sendiri. Kini sejumlah ahli mengatakan berbicara kepada diri sendiri alias self-talk ternyata menjadi salah satu metode terapi yang paling efektif.

Baca Juga: Malas Gerak Bikin Hidup Tak Bahagia, Kok Bisa?

Penulis buku The Right Mindset, Bryan E. Robinson dari University of North Carolina, menilai dirinya bisa melalui banyak hal karena dia sering melalui self-talk. Self-talk terkadang membuat perubahan yang lebih baik tergantung pula dari pengemasan bahasa. Jika self-talk punya nada yang negatif maka Anda bisa lebih cemas dan depresi. Sebaliknya, jika Anda memakai persepsi self-talk yang positif maka itu bisa memitigasi kecenderungan persepsi buruk dalam mental Anda, serta membuat Anda lebih sehat.

Berikut ini sejumlah manfaat bicara kepada diri sendiri seperti dikutip dari Bisnis.com, belum lama ini:

1. Panggillah nama Anda

Riset menunjukkan dalam self-talk sebutkanlah nama Anda dibandingkan "saya". Hal itu memberikan Anda jarak dengan diri Anda sendiri dari bagian penting yang subyektif dalam otak Anda. Metode ini mengajarkan Anda seolah Anda sedang berbicara dengan orang lain. Dengan pemakaian perspektif orang ketiga dijamin bisa mengendalikan ego Anda. Studi membuktikan cara ini sukses menurunkan kecemasan, memberikan kontrol lebih dalam diri, memberikan kebijaksanaan dan menekan persepsi negatif.

2. Membangun dan menguatkan mental

Manfaat lain berbicara kepada diri sendiri adalah menguatkan mental. Sebenarnya, pikiran Anda punya tameng untui menjaga Anda dari kecemasan dan ketakutan. Tandanya ketika denyur jantung Anda lebih cepat, mata yang lebih tajam, dan nagas yang panjang adalah ciri Anda sudah siap untuk bertarung. Ketika pikiran Anda berkecamuk, self-talk seringkali membuat keputusan hidup atau mati dalam diri Anda yang membuat Anda bisa melihat berbagai peluang. Fokus Anda pun seperti lensa kamera.

Terkadang bisa jadi blur atas melihat gambaran yang besar. Seiring berjalannya waktu Anda seringkali membangun area blur negatif dalam kacamata pikiran Anda tanpa disadari. Self-talk membantu Anda memperlebar area sudut pandang Anda dan melihat lebih besar solusi, kemungkinan dan kesempatan serta pilihan yang tersedia. Menurut Barbara Frederickson dari University of North Carolina, dalam salah satu studinya dia membagikan 104 orang dalam 3 grup besar.

Kelompok 1 mengekspresikan perasaan positif seperti syukur dan bahagia. Kelompok 2 mengekspresikan perasaan negatif seperti marah dan takut. Kelompok 3 mengekspresikan perasaan netral saja. Ketiga kelompok itu wajib menulis daftar apa yang bisa mereka lakukan dengan perspektif masing-masing. Hasil studi menemukan, kelompo dengan paradigma positif memiliki daftar kemungkinan dan kesempatan yang lebih banyak.

3. Mengafirmasi diri sendiri

Sepanjang 1990, para komedian seringkali membuat lelucon penegasan diri atau self-affirmation semisal; "Aku cukup pintar" atau "aku cukup baik." Al Franked menampilkan karakter fiksi Stuart Smalley dalam parodi Saturday Night Live sebuah lelucon untuk menolong diri sendiri dengan nama Daily Affirmations-a psychoterapist nightmare. Sejak saat itu banyak orang menyangkal gaya self-affirmation karena dianggap sebagai lelucon semata.

Baca Juga: Kebiasaan Merokok di AS dan Eropa Bakal Punah 2050, Asia Kapan?

Pada 2014, Clayton Critcher dan David Dunning dari University of California at Berkeley meluncurkan studi bahwa afirmasi positif memiliki fungsi kognitif yaitu memperluas perspektif untuk membantu otak merespon ancaman terhadap diri sendiri. Self-affirmations melalui metode self-talk terbukti membantu para peserta riset yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship dengan keyakinan positif yang lebih berani.

4. Menjaga hubungan dengan diri sendiri

Manfaat lain dari bicara kepada diri sendiri adalah menjaga tetap terkoneksi dengan diri sendiri. Ketika Anda sadar sedang dalam kondisi emosi yang tak stabil misalnya marah, cemas, dan frustasi, penting untuk merangkul atau memegang salah satu bagian tubuh Anda seperti lengan dan mengingat mereka sebagai salah satu perangkat dalam tubuh Anda.

Baca Juga:  WHO: Manfaat Vaksin AstraZeneca Lebih Banyak Dibandingkan Efek Sampingnya

Mulailah berbicara dengan menyebut diri Anda, katakan aecara jelas dan tenang kepada diri Anda sendiri untuk optimistis. Jika Anda berpikir terlalu banyak dari yang mampu Anda lihat itu bisa menimbulkan kecemasan berlebih. Penting untuk menjauhkan hal itu, bisa menggunakan tangan untuk meredam, menangkal dari dalam tubuh Anda. Katakanlah, "Hai stres, saya lihat Anda sudah kembali." Ini cara mudah untuk merelaksasi semua anggota tubuh Anda termasuk yang terasa tegang.

5. Mengasihi diri

Berbicara kepada diri sendiri juga erat kaitannya dengan mengasihi diri sendiri. Ada hubungan linier antara mengasihi diri sendiri, kebahagiaan, kesejahteraan, dan kesuksesan. Semakin tinggi Anda mencintai diri, makin bagus pengendalian emosi Anda. Studi dari University of Wisconsin menemukan meditasi bisa memberikan kebaikan karena memberi efek positif bagi otak yang membuat Anda lebih empati kepada orang lain.

Dengan menggunakan cara magnetik atau functional magnetic resonance imaging (fMRI), para peneliti melihat adanya emosi positif seperti cinta, kasih sayang, dan kebaikan yang bisa dikembangkan seperti halnya mengembangkan kemampuan bermusik. Metode ini menemukan umumnya otak bekerja secara cepat dan dramatis berubah dengan positif berkat meditasi. Studi lain menunjukkan rasa empati adalah efek dari pengalaman pribadi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya