SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Penyelenggaran ASIA Pacific Ministers’ Conference on Housing and Urban Development (APMCHUD), 21-24 Juni, diproyeksi menelan anggaran hingga Rp 12 miliar. Sebesar Rp 1,5 miliar atau 12,5% dari total anggaran itu di sokong dari APBD Kota Solo.

Untuk anggaran yang cukup besar itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berdalih masyarakat Solo dapat memetik banyak manfaat dari agenda pertemuan menteri-menteri perumahan sedunia tersebut. Ketua penyelengaran APMCHUD ke-3 dari Pemkot Solo, Widdi Srihanto menerangkan anggaran Rp 1,5 miliar tersebut dipakai lebih banyak untuk teknis penyelenggaraan pertemuan. Widdi yakin Pemkot Solo tidak sia-sia menyelengarakan agenda internasional tersebut. Pasalnya, selain dipercaya bakal mendongkrak branding Kota Solo, APMCHUD juga bakal memberi multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Total anggarannya Rp 12 miliar, yang Rp 1,5 miliar dari anggaran Pemkot Solo. Nilainya memang besar, tapi ini kita punya paling tidak dua manfaat. Pertama, untuk mendukung branding Solo. Kedua, APMCHUD pasti memberi multiplayer efek untuk masyarakat, tidak hanya hotel, tapi juga taksi, dan mungkin tukang becak, andong juga tentunya para pengrajin batik dan lain-lain,” jelas Widdi, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (14/5).

APMCHUD sendiri, Widdi menjelaskan rencananya diikuti sekitar 1.000 orang peserta dari 68 delegasi sedunia. Selama pertemuan peserta akan dibagi dalam lima kelompok yang masing-masing membahas permasalahan berbeda. Peserta juga bakal mengunjungi sejumlah lokasi di Solo yang menerapkan model penataan kawasan kota. Di antaranya, penataan pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Klithikan Notoharjo, relokasi warga penghuni bantaran Sungai Bengawan Solo di Solo Elok, Mojosongo, pembangunan kawasan urban forest di Pucangsawit, serta pembangunan rumah tak layak huni (RTLH) di Kratonan.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya