Biaya Rapid Test di Bandara Adi Soemarmo Solo Dikoreksi, Jadi Berapa?
Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali mengoreksi tarif layanan rapid test atau tes cepat Covid-19 di bandara tersebut. Jika sebelumnya tarif dipatok Rp290.000, kini menjadi Rp150.000.

Tarif tersebut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Shared Services and CSR Manager, Dedi Suwastono, Sabtu (11/7/2020), mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menyediakan pelayanan rapid test di terminal bandara. Kini layanan tersebut bisa diakses masyarakat dengan biaya Rp150.000.

Karanganyar Belum Aktifkan RS Darurat Covid-19, Ini Alasannya

Sebelumnya, Kemenkes menyampaikan batas tertinggi tarif rapid test antibodi Covid-19 adalah Rp150.000. Hal tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020 Tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antibodi.

“Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan pemeriksaan rapid test antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyarakat agar mudah untuk mendapatkan layanan,” sebagaimana tertulis dalam surat edaran tersebut.

Nekat Berjualan di Jalan Ir Soekarno, Puluhan Pedagang Pasar Harjodaksino Dihalau Satpol PP Sukoharjo

Setengah Bulan Layanan Rapid Test Bandara Diakses Ratusan Orang

Diberitakan sebelumnya, Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo melayani rapid test untuk memudahkan calon penumpang maskapai agar bisa terbang sejak pertengahan Juni 2020. Selama setengah bulan dibuka, ratusan calon penumpang maskapai yang telah mengakses tes ini hasilnya nonreaktif.

Dedi Suwastono mengatakan layanan rapid test di Bandara Solo yang dilaksanakan Angkasa Pura Support itu sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan.

Sempat Hilang, Ular Pyton 3,5 Meter di Bendosari Sukoharjo Ditangkap

“Kami sebagai operator sarana transportasi memfasilitasi penumpang maskapai dengan menyediakan layanan rapid test. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo bekerja sama dengan rumah sakit Hermina Solo melayani rapid test dengan harga terjangkau,” ujarnya, kepada Solopos.com, Jumat (3/7/2020).

Hasil rapid test di Bandara Adi Soemarmo Solo ini bisa langsung diketahui tanpa menunggu lama, yakni hanya dalam hitungan menit.

Dengan demikian, layanan ini bisa membantu calon penumpang maskapai yang belum mengantongi hasil rapid test sebagai syarat terbang tanpa keluar dari bandara. Pihak Bandara Solo pun memastikan hasil tes tersebut akurat.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom