SOLOPOS.COM - Ilustrasi penelitian (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Biaya penelitian di Universitas Diponegoro (Undip) mencapai Rp150 miliar.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menganggarkan dana Rp150 miliar untuk riset dalam upaya mewujudkan sebagai universitas riset berkelas dunia pada 2020.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Undip Semarang Nuswantoro Dwiwarno mengatakan perkembangan riset di bidang ilmu dan teknologi diperlukan untuk dapat mewujudkan produk-produk industri yang tangguh, unggul serta berdaya saing

“Anggaran riset terus ditingkatkan guna mendukung misi Undip menjadi universitas riset berkelas dunia dan menjadi salah satu dari 500 universitas terbaik dunia,” katanya kepada solopos.com di Semarang, Jumat (11/9/2015).

Dana itu, lanjut dia untuk membiayai penelitian para dosen dan publikasi ilmiah agar hasilnya penelian dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak.

“Hasil-hasil riset penilitian dosen Undip perlu dipublikasikan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal,” imbuhnya.

Dia menambahkan untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa melalui pelatihan-pelatihan dan workshop yang bersertifikasi telah membangun gedung training center II delapan lantai senilai Rp14,4 miliar di kampus Undip Tembalang.

“Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pancang oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama Jumat pagi [Jumat kemarin],” imbuhnya.

Sementara itu, Pembantu Rektor I Undip Prof. M. Zainuri Zainuri mengungkapkan alokasi anggaran dana riset ditingkatkan dari 7% menjadi 15 %.

“Saat ini anggaran dana riset antara Rp100 miliar sampai Rp150 miliar untuk penelitian dan publikasi ilmiah di kalangan peneliti Undip,” ungkap dia.

Undip, sambung Zainuri telah menetapkan kebijakan dari 11 fakultas dan program pascasarjana minimal melaksanakan minimal dua kali seminar internasional atau simposium atas hasil penelitian dari para staf pengajar di lingkungan unit masing-masing.

“Universitas akan membiayai seminar atau simposium internasional yang merupakan landasan untuk menjadikan Undip universitas ranking 500 dunia,” beber dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya