SOLOPOS.COM - Tangkapan layar prosesi ibadah pemakaman Ratu Elizabeth II yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi The Royal Family, Senin, berjudul State Funeral for Her Majesty The Queen, Senin (19/9/2022). (Istimewa/Kanal YouTube The Royal Family)

Solopos.com, JAKARTARatu Elizabeth II dimakamkan di sebelah mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu di kompleks The King George VI Memorial Chapel, Senin (19/9/2022). Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth terbilang paling mewah dibandingkan sebelumnya.

Meski tidak ada angka pasti terkait total biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, sejumlah spekulasi bermunculan terkait biaya tersebut yang akan dibayarkan oleh negara. Sebelumnya, beredar informasi di media sosial bahwa pemakaman Ratu Elizabeth menelan biaya 8 juta poundsterling atau RP136 miliar.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Sementara itu, The India Times mengabarkan bahwa biaya pemakaman bisa mencapai 6 miliar pound sterling atau Rp102 triliun. Lembaga independen pencari fakta Fullfact mengatakan belum ada informasi yang kredibel mengenai angka pasti. Tak satu pun dari estimasi di atas didasarkan pada perhitungan yang menyeluruh dan andal.

Baca Juga AHM Umumkan Roadmap Sepeda Motor Listrik di Indonesia

“Kami tidak bisa menemukan sumber terpercaya terkait biaya pemakaman sang ratu. Namun, kami melihat bukti yang baik mengenai prosesi pemakaman akbar pada waktu lalu, yang biayanya mencapai 8 juta poundsterling,” tulis Fullfact dari situs resminya.

Fullfact juga menjelaskan, pemakaman sang Ratu dinilai lebih besar dan mewah dibandingkan sebelumnya sehingga bisa menghabiskan biaya lebih besar. Adapun nilai fantastis sebesar 6 miliar poundsterling tersebut diperkirakan termasuk biaya kerugian ekonomi Inggris karena dua hari libur bank di hari pemakaman Ratu Elizabeth dan penobatan Raja Charles.

Namun, Fullfact mengatakan angka ini hampir pasti tidak mencerminkan biaya langsung dari acara pemakaman karena jumlahnya ratusan kali lebih besar daripada biaya pemakaman kerajaan sebelumnya. Dilansir dari The Guardian, prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II dimulai dengan seremoni membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey.

Baca Juga 10 Model Motor Listrik Honda akan Hadir di 2025

Kemudian, Raja Charles III dan ketiga saudaranya berjalan di belakang peti jenazah yang dibawa menggunakan kereta meriam. Sebanyak 12 tentara dari unit dipilih untuk membawa peti mendiang Ratu Inggris.

Selain itu, keempat anak Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, mengikuti di belakang peti dengan berjalan. Pangeran William dan Pangeran Harry, kedua anak Raja Charles III, juga ikut berjalan di belakang peti.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp102 Triliun? Ini Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya