Biar PD di Depan Anak, 50 Guru Belajar Teknik Ini

Lewat mendongeng para guru PAUD bisa menanamkan budi pekerti kepada para siswanya.

 Pendongeng Jateng, Kak Puji Selalu Di Hati, berdiri di antara para guru PAUD saat pelatihan mendongeng di Dapur Lely Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/7/2022). (Istimewa/Kukuh Hadi)

SOLOPOS.COM - Pendongeng Jateng, Kak Puji Selalu Di Hati, berdiri di antara para guru PAUD saat pelatihan mendongeng di Dapur Lely Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/7/2022). (Istimewa/Kukuh Hadi)

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak 50 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Sragen belajar mendongeng bersama Kak Puji Selalu Di Hati yang juga Ketua Umum Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di Dapur Lely Puro, Karangmalang, Sragen, Rabu (6/7/2022).

Lewat mendongeng para guru PAUD bisa menanamkan budi pekerti kepada para siswanya.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pelatihan mendongeng dan berkisah itu difasilitasi KB & TK Birrul Walidain Aisyiyah Candibaru, Plumbungan, Karangmalang, Sragen.

Kepala KB & TK Birrul Walidain Aisyiyah Candibaru, Kukuh Hadi, menyampaikan pelatihan diikuti sebanyak 50 orang guru PAUD di Kabupaten Sragen.

Pelatihan itu diadakan, kata dia, untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru PAUD dalam bercerita, mendongeng, dan berkisah.

Baca Juga: Pelindungan Bahasa Daerah Harus Mengoptimalkan Media Digital

“Dengan pelatihan mendongeng dan berkisah ini, pada guru PAUD diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam bercerita. Guru diharapkan juga mampu bercerita dengan baik, menarik, dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat secara efektif dan efisien tersampaikan kepada peserta didik,” ujarnya.

Pendongeng dari PPMI Jateng, Erna Puji Hartanto, menyampaikan mendongeng adalah metode mendidik yang penting dan wajib dimiliki para guru PAUD maupun guru yang lainnya.

Pemilik nama Kak Puji Selalu Di Hati itu menambahkan dengan mendongeng akan bisa menanamkan nilai nilai budi pekerti yang disesuaikan dengan tema mendongeng tersebut.

“Kelemahan guru PAUD dalam mendongeng itu karena mereka memiliki mindset yang salah. Mereka merasa tidak bisa mendongeng sehingga saat tampil, mereka merasa malu, kurang percaya diri, dan pikiran-pikiran negatif lainnya. Dengan kemauan yang kuat, saya yakin mereka bisa mendongeng. Untuk memunculkan kemampuan itu memang harus berlatik dan sering mendongeng di hadapan anak-anak,” ujarnya.

Dia menyebut pada prinsipnya ada tiga prinsip kemampuan dasar yang dimiliki seorang pendongeng, yakni vokal, ekspresi, dan gerakan.

Dia menyarankan agar mendongeng bisa efektif, seyogyanya harus melatih ketiganya dengan maksimal, sehingga mendongeng pun akan terasa menarik dan mengena di hati anak anak.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo: Bahan Baku Cukup, Tidak Perlu Impor

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.

      Soal Sriwedari Solo, Gibran Disarankan Konsultasi ke Kementerian Ini

      Pemkot Solo disarankan untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat sebelum melakukan upaya penataan di lahan kawasan Sriwedari.

      Banyak Ditemukan di Wonogiri Bagian Selatan, Ini Manfaat Tanaman Sorgum

      Wonogiri bagian selatan dinilai menjadi sentra produksi tanaman sorgum.

      Murah dan Segar Soto Kuah Rempah Budhe Djiman di Nogosari Boyolali

      Menikmati kuliner legendaris yakni Warung Soto Budhe Djiman milik Jiman yang berdiri sejak 1991 di Dusun Nogosari Baru, Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.

      Tersangka Ungkap Alasannya Nekat Jual Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Dua tersangka, S dan G, mengungkapkan alasannya nekat jual lahan Bong Mojo yang merupakan aset Pemkot Solo.

      Produktivitas Kedelai Lebihi Target, Cawas Dilirik Jadi Soybean Village

      Kecamatan Cawas digadang-gadang menjadi soybean village, perkampungan yang mengembangkan kedelai dari hulu hingga hilir.

      Asal Usul Kenapa Kaki Gunung Lawu di Karanganyar Dinamakan Tawangmangu

      Asal usul kenapa wilayah kaki Gunung Lawu di Karanganyar dinamakan Tawangmangu tak lepas dari sejarah tentang Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa.

      Ditetapkan, Ini 2 Tersangka Kasus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Polresta Solo menetapkan dua orang berinisial S dan G sebagai tersangka dalam kasus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Produksi Sorgum di Wonogiri Menurun, Kini Tak Sampai 1.000 Ton/Tahun

      Produksi tanaman sorgum di Wonogiri cenderung turun dari tahun ke tahun.

      Diduga Karena PKH Mau Cair, Harga Telur di Karanganyar Naik Lagi

      Harga telur di Pasar Jungke, Karanganyar, naik terus dalam sepekan ini. Diduga hal ini ada kaitannya dengan rencana pemerintah mencairkan bantuan program keluarga harapan (PKH).

      Wah! 86 Lokasi Dibor untuk Fondasi Pilar Jembatan Rel Layang Joglo Solo

      Pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Solo, memasuki tahap II di mana pelaksana mulai mengebor 86 lokasi untuk fondasi pilar jembatan.

      Air Umbul Manten Klaten untuk Budi Daya Ikan, Hasilnya Mengejutkan

      Umbul Manten terletak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.