Biar Berkembang, Mayoritas BUM Desa di Sukoharjo Urus Izin Badan Hukum

Setelah berbadan hukum, pengelola BUM Desa dapat leluasa mengajukan pinjaman modal ke lembaga perbankan. Sehingga unit usaha yang dijalakan BUM Desa berpotensi tumbuh dan berkembang.

 Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengunjungi salah satu stan produk makanan saat peresmian BUM Desa Semar Krido di Desa Toriyo, Bendosari, Jumat (21/1/2022). (Istimewa-Humas Pemkab Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengunjungi salah satu stan produk makanan saat peresmian BUM Desa Semar Krido di Desa Toriyo, Bendosari, Jumat (21/1/2022). (Istimewa-Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebagian Badan Usaha Milik (BUM) Desa di Sukoharjo mengajukan perizinan badan hukum ke pemerintah pusat. Dengan berbadan hukum, pengurus BUM Desa bisa bekerja sama dengan koperasi, perusahaan hingga melakukan pinjaman uang ke lembaga perbankan.

Mengacu Peraturan Pemerintah (PP) No 11/2021 tentang Badan Usaha Milik Desa yang merupakan turunan dari UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, sebagai badan hukum, pengelola BUM Desa bisa langsung menjalankan roda usahanya. Pengelola BUM Desa juga bisa bekerjasama dengan badan hukum lain seperti koperasi dan perusahaan.

PromosiPrevalensi Stunting di Indonesia Peringkat Ke-115 Skala Global

Di Sukoharjo, jumlah desa yang telah mendirikan BUM Desa sebanyak 131 desa. Terbaru, BUM Desa Semar Kridho di Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, diresmikan pada Jumat (21/1/2022).

Baca juga: BUM Desa Harus Mendemokratiskan Perekonomian

“Sebagian besar pengurus BUM Desa mengajukan perizinan badan hukum. Sekarang masih proses di Kementerian Hukum dan HAM. Mungkin terbit pada tahun ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo, Agung Sri Cahyadi, saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela acara peresmian BUM Desa Semar Krido, Jumat.

Selama ini, pengelola BUM Desa kerap kesulitan mengakses pinjaman modal melalui skema pinjaman. Setelah berbadan hukum, pengelola BUM Desa dapat leluasa mengajukan pinjaman modal ke lembaga perbankan. Sehingga unit usaha yang dijalakan BUM Desa berpotensi tumbuh dan berkembang.

Pada masa pandemi Covid-19, BUM Desa bisa menjadi motor penggerak dalam percepatan pemulihan ekonomi desa. “Jika unit usaha BUM Desa berkembang otomatis membutuhan sumber daya manusia (SDM) lokal. Artinya, usaha yang dijalankan BUM Desa mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran,” ujar Agung.

Baca juga: Warga Sukoharjo Terpapar Omicron Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Kota

Agung menyebut masih ada 19 desa belum memiliki BUM Desa. Banyak kendala teknis dalam pembentukan dan pendirian BUM Desa. Mulai dari kesulitan menggali potensi desa, minimnya sarana dan prasarana (sarpras) hingga sumber daya manusia (SDM) yang belum andal dan mumpuni.

“Pemerintah desa dan masyarakat kesulitan menggali potensi desa yang bisa dikembangkan melalui BUM Desa. Namun, pemerintah terus mendorong agar seluruh desa di Sukoharjo memiliki BUM Desa,” papar dia.

Menambah Kios di Lahan Kosong

Kepala Desa Toriyo, Supriyanto, mengatakan BUM Desa Semar Kridho fokus mengelola beberapa kios yang dibangun di lahan seluas tiga hektare. Beragam produk makanan dan minuman serta kerajinan ditawarkan kepada konsumen. Pemerintah desa berencana menambah kios lantaran sebagian lahan masih kosong.

“Saya berharap unit bisnis yang dikelola BUM Desa mampu menghasilkan keuntungan untuk pemasukan pendapatan asli desa (PAD). Kami bakal mengoptimalkan sumber daya lokal dan potensi desa,” kata dia.

Baca juga: Warga Sukoharjo Terpapar Omicron Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Kota

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.

Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

Di Dusun Winong, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, terdapat rumah produksi bakpia yang sudah merambah sampai luar Jawa.

Heboh Badarawuhi Di Film KKN Desa Penari, Di Solo Juga Ada Ular Mistis

Seperti kisah Badarawuhi, lelembut berwujud asli ular di film KKN Di Desa Penari, di Solo juga ada cerita rakyat mengenai kemunculan ular mistis di beberapa kesempatan.