SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Bank Indonesia (BI) akan mewajibkan bank untuk transparan menginformasikan tingkat suku bunga kartu kreditnya seperti di Malaysia. Bank sentral juga mendukung penuh penurunan suku bunga kartu kredit yang diusulkan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI).

Demikian diungkapkan oleh Direktur Direktorat Sistem Pembayaran Ronald Waas ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (25/4/2011). “Seperti di Malaysia, kita maunya lebih transparan dan lebih ketat,” ujar Ronald.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ronald menambahkan, masukan dari AKKI akan dibahas ditingkat Rapat Dewan Gubernur (RDG). Namun, lanjut Ronald mengenai suku bunga kredit pihaknya setuju adanya penurunan suku bunga kredit.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebetulnya kita yang ingin itu turun, dan mestinya risiko terjadinya kemacetan turun akan turun. Oleh karena itu suku bunga harus turun,” katanya.

Ronald menambahkan, terkait suku bunga, BI sendiri telah melihat pentingnya untuk diturunkan. Menurut Ronald, suku bunga layaknya sebuah harga sehingga perlu dipublikasikan.

“Tapi suku bunga kan sebetulnya kayak harga dari sesuatu. Maka kita perbaiki prosesnya, mereka harusnya dan jadi peninjauan juga bagi bank,” tuturnya.

Sebelumnya, AKKI mengusulkan penurunan bunga kartu kredit. “Sebenarnya memang sudah lama BI mendorong adanya penurunan bunga kartu kredit agar tidak mencekik nasabah. Nah, kita ajukan itu saat ini, dan bukan terkait juga dengan kasus meninggalnya nasabah kartu kredit salah satu bank,” ujar GM AKKI Steve Marta.

Bunga kartu kredit yang saat ini mencapai 3-4% dinilai cukup tinggi sehingga banyak nasabah yang akhirnya menunggak. Steve mengatakan bunga kartu kredit dimungkinkan untuk turun menjadi 2-3%.

“Ya dimungkinkan menjadi 2-3%. Tapi ini semua masih dalam pembahasan bersama BI,” jelas Steve.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya