Penukaran uang baru. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo akan membuka layanan penukaran uang baru menjelang Lebaran 2019 di 150 lokasi. Jumlah lokasi penukaran uang ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 111 lokasi.

Sementara uang tunai yang disiapkan BI Solo untuk penukaran uang baru itu sesuai estimasi kebutuhan mencapai Rp5,4 trilliun. Jumlah ini naik sekitar 3,35% daripada tahun lalu, yang hanya Rp5 triliun dengan realisasi Rp5,233 triliun.

Asisten Direktur BI Solo, Bakti Artanta, mengatakan kebijakan ini diambil menilik tren pertumbuhan ekonomi masyarakat Soloraya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Menurutnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kebutuhan uang.

“Ada tren pertumbuhan uang kartal, keikutsertaan Bank Pekreditan Rakyat [BPR], BPR Syariah, Pegadaian, dan Kantor Pos dalam layanan penukaran uang. Selain itu, kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal pada momen tertentu seperti Hari Raya Lebaran juga mempengaruhi,” ujarnya dalam jumpa pers di Kantor Perwakilan BI Solo, Senin (29/4/2019).

Bakti menambahkan tahun lalu BI Solo menyiapkan Rp5 triliun untuk seluruh kebutuhan uang selama Lebaran ini. Jumlah ini lebih banyak daripada 2017 yang hanya Rp4,6 triliun. Sementara tahun ini BI Solo menyiapkan Rp5,4 triliun.

“Lebaran tahun ini kami memperluas lokasi layanan penukaran uang, yakni 150 lokasi. Ini melibatkan 98 bank umum, 30 BPR, 8 BPRS, 10 Pegadaian, dan 4 Kantor Pos,” imbuhnya.

Bakti memaparkan 150 titik ini tersebar di enam kabupaten dan satu kota di Soloraya. Perinciannya, 74 lokasi di Solo, 14 lokasi di Boyolali, 16 lokasi di Klaten, 15 lokasi di Sukoharjo, 11 lokasi di Karanganyar, 10 lokasi di Wonogiri, dan 10 lokasi di Sragen.

Jadwal penukaran uang untuk di dalam kantor meliputi loket Kantor Perwakilan BI Solo dibuka setiap Senin dan di kantor bank umum, BPR, BPRS, Pegadaian, dan Pos Indonesia dilayani pada 13-29 Mei 2019. Untuk wilayah Solo pada 13-23 Mei 2019.

Sedangkan untuk layanan luar kantor, BI Solo membuka kas keliling dan penukaran bersama. Kas keliling Bank Indonesia dibuka di Terminal Tirtonadi (15 Mei), Bandara Adi Soemarmo (16 Mei), Stasiun Solo Balapan (13 Mei), dan Stasiun Purwosari (14 Mei).

Sementara kas keliling bersama di Kantor Pemkab, yakni Boyolali (20 Mei), Sukoharjo (21 Mei), Klaten (21 Mei), Wonogiri (22 Mei), Karanganyar (23 Mei), dan Sragen (23 Mei). Di sisi lain, layanan ini juga dibuka di rest area tol KM 519 pada 30 Mei-1 Juni dan penukaran bersama di Benteng Vastenburg pada 27-29 Mei.

“Cara penukaran uang masih sama, yakni screening KTP agar masyarakat hanya melakukan penukaran satu kali dalam sepekan. Setelah itu mencelupkan jari ke dalam tinta supaya masyarakat hanya menukar di satu tempat di hari yang sama. Sedangkan ketentuan batas penukaran Rp4,4 juta,” jelasnya.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten