SOLOPOS.COM - Uang kertas baru emisi 2022

Solopos.com, SOLO–Pemerintah dan Bank Indonesia resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 atau uang TE 2022, Kamis (18/8/2022).

Peresmian sendiri berlangsung di Jakarta. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut terdiri atas pecahan uang rupiah kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku di Indonesia bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI. Sekaligus uang TE 2022 juga telah resmi diedarkan.

Bank Indonesia menegaskan, pengeluaran Uang TE 2022 tidak berdampak pada pencabutan dan/atau penarikan uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Seluruh uang Rupiah kertas atau pun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Uang kertas baru

Karenanya, masyarakat dapat menukarkan uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia. Namun lebih dulu, masyarakat harus memesan penukaran uang melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai Kamis (18/8/2022) pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal Jumat (19/8/2022).

Dengan desain visual yang hampir sama dengan uang rupiah sebelumnya, uang TE 2022 tetap menggunakan gambar utama tokoh pahlawan nasional pada bagian depan.

Sementara pada bagian belakang, masih konsisten menggunakan desain visual dengan tema ragam kebudayaan Indonesia. Seperti gambar tarian, pemandangan alam, dan flora yang ada di Indonesia seperti Uang TE 2016. 

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia bi.go.id, terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Ketiga inovasi bertujuan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. Tak hanya itu, penggunaan warna yang lebih tajam menjadi salah satu upaya preventif terjadinya upaya pemalsuan.

Peluncuran uang Rupiah TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT ke-77 RI diharapkan menjadi salah satu wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan.

Senada dengan tema HUT ke-77 RI, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peluncuran uang Rupiah TE 2022 diharapkan mampu menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya