BI Jateng Siapkan Rp4,69 Triliun Uang Kartal untuk Libur Natal dan Tahun Baru
Kepala Grup Sistem Pembayaran PUR Layanan dan Administrasi di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Noor Yudanto saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Bisnis)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah memastikan kecukupan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada musim libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Sebanyak Rp4,69 triliun uang kartal disediakan BI Jateng di akhir tahun ini.

Kepala Grup Sistem Pembayaran PUR Layanan dan Administrasi di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Noor Yudanto mengatakan guna memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat pada hari besar seperti Hari Natal dan akhir tahun kali ini, BI Jateng telah menyediakan uang kartal lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.  "Perayaan Natal dan akhir tahun ini, kita menyediakan uang kartal Rp4,69 triliun khusus wilayah BI Jateng," kata Noor Yudanto, Jumat (21/12/2018).

Dikatakan, penyediaan uang tersebut lebih besar dibandingkan tahun 2017. Di mana pada tahun lalu BI Jateng menyediakan uang sebesar Rp3,35 triliun dan mampu terealisasi sebesar Rp2,75 triliun.  Ditambahkan, uang yang disediakan BI Jateng pun masih sama seperti tahun sebelumnya yakni mayoritas merupakan uang pecahan besar. 

"Uang yang disediakan BI Jateng tersebut 90% dalam bentuk uang pecahan besar yakni mulai Rp20.000 hingga Rp100.000," paparnya.

Sementara itu, lanjutnya kebutuhan uang saat Natal dan Tahun Baru 2019 se Jateng dan DIY sebesar Rp13,2 triliun mencakup uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp13 triliun (98,4%) dan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp208 miliar (1,6%).  Dia menyebutkan, adanya tiga ruas tol Trans Jawa yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis lalu, turut mendorong permintaan uang yang dibutuhkan masyarakat. 

Karena itulah, BI Jateng telah menyiapkan uang di mesin-mesin ATM lebih banyak dibandingkan hari biasa. "Prinsipnya BI di mana saja siap melayani kebutuhan masyarakat saat merayakan Natal dan Tahun Baru," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom