SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras (freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah memprediksi laju inflasi tetap terkendali pada September 2023 karena stok beras cukup, meski harga komoditas tersebut mengalami kenaikan.

“Mudah-mudahan [inflasi September] terkendali karena sudah ada stok beras yang cukup banyak,” kata Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra di Semarang, Jateng, Rabu (13/9/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal tersebut disampaikan Rahmat di sela bedah buku dan peluncuran Pojok Braille Bank Indonesia (Pobebi) di Perpustakaan BI Jateng.

Diakuinya, kata dia, komoditas beras memang menyumbang kontribusi terhadap inflasi di Jateng pada Agustus 2023, tetapi tidak terlalu besar, yakni 0,09 persen.

Untuk inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) di enam kota gabungan di Jateng pada Agustus 2023 tercatat sebesar 0,03 persen (month to month/mtm) atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,20 persen (mtm).

“Inflasi mtm Agustus sebesar 0,03 persen. Itu lebih tinggi dibandingkan nasional, kan nasional deflasi. Jadi, mudah-mudahan harga beras gak menyebabkan inflasi terlalu tinggi,” katanya.

Rahmat menjelaskan kenaikan harga beras di pasaran disebabkan banyak hal, termasuk faktor iklim yang terdampak fenomena El Nino dan situasi global.

“Memang karena ada musim El Nino dan masih ada dampak perang Rusia dengan Ukraina. Beberapa negara besar eksportir beras juga mulai memikirkan untuk memenuhi kebutuhan domestiknya,” katanya.

Namun, kata dia, persediaan beras di Jateng sejauh ini masih mencukupi, termasuk didukung oleh daerah sentra beras dengan persawahan yang sistem pengairannya mengandalkan irigasi.

“Alhamdulillah, pemerintah juga sudah melakukan impor beras. Ya, memang untuk sementara waktu supaya harga tidak terlalu melonjak tinggi,” katanya.

Sebagai salah satu anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), BI Jateng bersama Bulog juga akan berupaya melakukan pemenuhan beras di pasaran, termasuk melalui operasi pasar.

Namun, Rahmat mengatakan untuk waktu dekat ini belum perlu dilakukan operasi pasar karena persediaan beras masih mencukupi di pasaran.

“Belum (operasi pasar). Karena stok (beras) di masyarakat dan di pasar masih cukup banyak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya