SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahunan ini mencapai 6,5%. Pada kuartal III inflasi sudah mencapai 5,98% dan kuartal IV inflasi bulanan mencapai 0,5%.

Hal itu dikatakan Deputi BI, Hartadi Sarwono dalam seminar ‘Perang Kurs dan Dampaknya pada Arus modal, Suku Bunga dan perekonomian Indonesia 2011’ di Jakarta, Senin (13/12). “Dari perhitungan itu maka kalau ditambahkkan maka inflasi tahunan mencapai 6,5%,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hartadi menjelaskan tekanan inflasi pada semester II karena kenaikan harga bahan pangan seperti beras. Untuk itu, BI meminta pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga beras.

Kondisi ini seperti pada tahun 2007. Saat itu pemerintah kekurangan pasokan beras karena terkena bencana alam. Namun dari pasar impor, banyak negara yang mengalami kesulitan pasokan. Akibatnya, harga impor juga mengalami kenaikan.

“Untuk itu pemerintah harus bekerjasama dengan negara lain untuk mendapatkan harga beras impor dengan harga yang rendah,” jelasnya.

inilah/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya