BI: Hingga Pekan Keempat Juni 2022, Modal Asing Keluar Rp8,35 Triliun

Aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp5,25 triliun. Pada saat yang sama, tercatat aliran modal asing yang keluar dari pasar saham mencapai Rp3,10 triliun.

 Logo Bank Indonesia terlihat di Kantor Pusat Bank Indonesia di Jakarta. (Bisnis-Reuters-Willy Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Logo Bank Indonesia terlihat di Kantor Pusat Bank Indonesia di Jakarta. (Bisnis-Reuters-Willy Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA–Bank Indonesia (BI) mencatat modal asing yang keluar dari pasar keuangan domestik mencapai Rp8,35 triliun pada pekan keempat Juni 2022.

“Berdasarkan data transaksi 20 Juni 2022-23 Juni 2022, nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto Rp8,35 triliun,” kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, Minggu (26/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Erwin menjelaskan dari jumlah tersebut, aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp5,25 triliun.

Pada saat yang sama, tercatat aliran modal asing yang keluar dari pasar saham mencapai Rp3,10 triliun.

Adapun, sepanjang 2022 atau hingga 23 Juni 2022 (year-to-date/ytd), tercatat sebesar Rp105,09 triliun modal asing keluar dari pasar SBN dan masuk ke pasar saham sebesar Rp67,55 triliun.

Baca Juga: BI: Per Juni 2022, Modal Asing Kabur dari RI Capai Rp7,34 Triliun

Sejalan dengan itu, premi risiko investasi (credit default swap/CDS) Indonesia 5 tahun naik ke level 130,99 bps per 23 Juni 2022, dari 130,84 bps per 17 Juni 2022.

Erwin menyampaikan BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait, juga terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan tekanan rupiah mengalami peningkatan sejalan dengan mata uang regional lainnya, seiring dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Tercatat, nilai tukar rupiah pada 22 Juni 2022 terdepresiasi 1,93% (point-to-point/ptp) dibandingkan akhir Mei 2022.

“Depresiasi tersebut sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global akibat pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif di berbagai negara untuk merespons peningkatan tekanan inflasi dan kekhawatiran perlambatan ekonomi global,” kata Perry.

Baca Juga: Modal Asing Rp19,14 Triliun Kabur dari RI, Efek Sentimen The Fed?

Sementara itu, nilai tukar rupiah sepanjang tahun berjalan atau hingga 22 Juni 2022 terdepresiasi sekitar 4,14% ytd dibandingkan dengan level akhir 2021.

Perry mengatakan tingkat depresiasi tersebut relatif lebih baik dibandingkan dengan depresiasi mata uang sejumlah negara berkembang lainnya, seperti India 5,17%, Malaysia 5,44%, dan Thailand 5,84%.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul BI: Modal Asing Kabur Rp8,35 Triliun pada Pekan Keempat Juni 2022

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tertarik Buka Franchise Alfamart? Yuk Cek Cara hingga Modalnya

      Anda ingin buka usaha franchise Alfamart tapi belum tahu cara, syarat, dan besaran modalnya? Saat ini bisnis waralaba memang masih tetap menjanjikan.

      PLN Bagikan 1.000 Bendera di Jateng-DIY untuk Semarakkan HUT ke-77 RI

      Pembagian bendera yang dilakukan PLN UID Jateng dan DIY ini merupakan bagian dari gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kemendagri.

      BRI Resmikan Menara BRILiaN Berkonsep Green & Smart Building

      Bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia, BRI meresmikan gedung baru Menara BRILiaN pada Rabu (17/8/2022).

      Asyik, Mulai 17 Agustus 2022, KRL Solo-Jogja hingga Stasiun Palur

      Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres.

      Erick Thohir: 3 Faktor Tiket Pesawat Mahal, Begini Langkah Garuda

      Erick Thohir menyatakan peran maskapai penerbangan milik BUMN agar menjadi motor yang mampu menyediakan tiket pesawat murah untuk rakyat.

      Ini Promo Merdeka Bersama AHASS di Jateng

      Ada diskon spesial untuk seluruh konsumen loyal motor Honda program yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun tersebut, yakni selama periode Agustus 2022.

      Pemerintah Terbitkan Sukuk SR017, Begini Cara Pesannya

      Penerbitan sukuk SR017 sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

      Subsidi Energi 2023 Turun Jadi Rp336,7 Triliun, Amankah?

      Penurunan subsidi energi 2023 karena proyeksi harga minyak mentah dunia yang turun di bawah US$90 per barel.

      Harga Emas Antam dan UBS Turun, Ayo Borong Lur

      Bertepatan HUT ke-77 RI, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian, baik Antam maupun UBS terpantau turun dibandingkan hari kemarin.

      Mendag: Pakaian Thrift Ada Jamur, Pembeli Tak Kehilangan Akal

      Sejumlah langkah dilakukan konsumen thrifting seusai membeli, salah satunya dengan merendam baju dengan air panas.

      Promo Transfer Antarbank Rp77 Hanya 3 Hari, Jangan Terlewat!

      Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Bank Indonesia (BI) menghadirkan promo biaya transfer antar bank di Indonesia Rp77 yang hanya berlaku selama tiga hari.

      Penumpang KA Belum Booster Bisa Batalkan Tiket dan Jaminan Uang Kembali

      Penumpang kereta api jarak jauh dengan tiket keberangkatan 15 sampai dengan 17 Agustus 2022 dapat membatalkan tiketnya apabila belum bisa melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat keberangkatan.

      Subsidi Capai Rp502 Triliun, Pemerintah Belum Usul Kenaikan Harga BBM

      Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Pemerintah belum mengusulkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) walaupun harga BBM di luar negeri sudah sangat tinggi.

      Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060

      Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

      Penumpang Kereta Api Lokal dan Aglomerasi Minimal Vaksin Dosis 1

      PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengeluarkan aturan dan syarat perjalanan terbaru mulai Senin (15/8/2022).