BI Gelontorkan Rp4 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Nataru di Madiun
Ilustrasi menghitung uang rupiah (Bisnis-Rachman)

Madiunpos.com, MADIUN -- Uang tunai sebesar Rp4 triliun siap digelontorkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) di Madiun dan sekitarnya.

Kepala BI Perwakilan Kediri Djoko Raharto di Kediri, Sabtu (29/12/2018), mengatakan ketersediaan uang tunai yang disiapkan BI tersebut tergolong tinggi dan diproyeksikan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dia menerangkan uang tertarik dan yang diedarkan saat libur panjang Natal dan tahun baru tidak sebanyak saat Lebaran.

"Kalau saat Idul Fitri ada budaya bagi-bagi uang di kalangan masyarakat sehingga skala kebutuhan uang tunai lebih besar. Untuk momentum Natal dan tahun baru, uang tunai Rp4 triliun tergolong cukup, sebab faktanya tidak ada lonjakan penarikan," ujar Djoko Raharto.

Dari jumlah uang yang disediakan tersebut, sebagian besar merupakan uang pecahan besar atau nominal Rp20.000 ke atas.

Djoko raharto menjelaskan jika masyarakat wilayah Madiun dan sekitarnya menginginkan uang pecahan tidak perlu risau dan tidak perlu datang ke Kediri, sebab BI Perwakilan Kediri telah membuka dua kantor kas titipan di Bank Jatim Madiun dan Ponorogo.

"Dua bank milik pemerintah provinsi tersebut dapat melayani masyarakat untuk menukarkan uang pecahan," kata dia.

Meski begitu, Djoko mengimbau masyarakat lebih mengutamakan penggunaan uang nontunai saat bertransaksi, bepergian, ataupun liburan di wilayah Madiun dan sekitarnya.

"Di antaranya dengan menggunakan uang elektronik, kartu debit, maupun alat-alat pembayaran nontunai lainnya," tambahnya.

Penggunaan uang nontunai lebih disarankan, karena selain lebih cepat, juga lebih aman. Selain soal kesiapan uang, warga Kota Madiun dan sekitarnya juga diminta berhati-hati dalam bertransaksi dan selalu cermat dengan ciri-ciri keaslian rupiah.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom