BI Gandeng Diaspora Indonesia untuk Pasarkan Produk UMKM Madiun Raya di Luar Negeri

BI Kediri menilai pelibatan diaspora indonesia akan mempercepat pemasaran produk UMKM lokal ke pasar luar negeri.

 Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri, Sofwan Kurnia. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri, Sofwan Kurnia. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Bank Indonesia menggandeng tiga perwakilan diaspora Indonesia untuk mempromosikan produk-produk UMKM di wilayah Madiun Raya ke pasar luar negeri. Diharapkan produk UMKM dari Madiun Raya bisa merambah pasar ekspor.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri, Sofwan Kurnia, saat pembukaan UMKM Virtual Expo 2020 di Kota Madiun, Jumat (16/10/2020).

PromosiTragedi Desa yang Hilang Akibat Gas Beracun Kawah Sinila Dieng

Dia menuturkan diaspora yang digandeng untuk memasarkan produk UMKM tersebut atas Afrika Selatan, Qatar, dan Mesir. Konsep seperti ini dianggap efektif dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasarkan produk-produk UMKM di Madiun Raya ke pasar internasional.

Program Prioritas APBD 2021 Kota Madiun, Penanganan Covid-19

“Jadi tadi ada penandatanganan MoU dengan perwakilan diaspora. Nanti diaspora Indonesia yang ada di Afrika Selatan, Qatar, dan Mesir ini akan membawa contoh-contoh produk UMKM. Kemudian akan diperkenalkan di sana,” kata dia.

Belum ada Target

Dengan model seperti ini, nantinya diaspora tersebut akan berperan aktif untuk memasarkan produk-produk UMKM ini di negara yang menjadi tempat tinggalnya. Namun, untuk saat ini memang baru tahapan memperkenalkan produk. Sehingga belum ada target transaksi yang bisa disebutkan.

Konsep seperti sudah diterapkan di wilayah eks Karesidenan Kediri yang juga difasilitasi Bank Indonesia. Untuk di Kediri yang digandeng adalah diaspora dari Australia dan Belanda. Bahkan sudah ada diaspora dari Belanda yang memesan produk UMKM di Kediri untuk dikirimkan.

Pasien Positif Covid-19 Madiun Tambah 2, Semuanya Dari Kecamatan Taman

“Seperti di Belanda, masyarakat Indonesia yang di sana itu ada sekitar 17.000 orang. Ini kan pasar yang besar. Bayangkan kebutuhan mereka untuk sambal pecel, setahun berapa kilogram itu,” ujar Sofwan.

Menurutnya, dengan menggandeng diaspora ini bertujuan untuk membuka hubungan dagang di luar negeri. Sehingga produk UMKM bisa diterima pasar luar negeri.

Dukungan Gubernur Jatim

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan dengan menggandeng diaspora Indonesia tentu harapannya bisa membangun akses pasar bagi UMKM di luar negeri. Sehingga membuka pasar ekspor yang lebih luas.

UMKM Virtual Expo 2020: Wali Kota Madiun Dukung UMKM Go International

"Saya sempat berkunjung di Afrika. Market di sana masih luas. Karena barang di sana itu tidak banyak variasinya. Termasuk di Rusia maupun di Eropa Timur. Barang itu tidak banyak. Kalau barang kita dibawa ke sana, cepat sekali ketemu pasar," terangnya.

Namun, lanjut gubernur, ada kemungkinan mereka akan terkendala proses perizinan dan sertifikasi produknya. Selain itu tentu dokumen-dokumen ekspor dan impornya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Rumah Produksi Arak di Madiun Digerebek, Per Hari Produksi 480 Liter

Aparat Polres Madiun Kota menggerebek rumah produksi minuman keras jenis arak jowo yang ada di Jl. Sidotopo, Dukuh Sidorejo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun.

Kikis Kesan Angker, RTM & Bosbow Madiun Bakal Dipercantik

Pemkot Madiun bakal merehab Rumah Tahanan Militer dan gedung Bosbow untuk dijadikan tempat wisata edukasi.

Pengemudi Ngantuk, Mobil Tabrak Pembatas Hingga Keluar dari Tol Madiun

Kecelakaan tunggal dialami mobil Honda Mobilio berpelat nomor S 1220 WW di KM 614.700 B Tol Kertosono-Madiun, Kamis (26/5/2022) siang.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Tak Kuat Nanjak, Pikap Bawa Puluhan Orang Terperosok ke Jurang Ponorogo

Kendaraan pikap berpenumpang puluhan orang terperosok ke jurang di Dukuh Ketro, Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo.

Kulit Satwa Dilindungi Dibuat Kerajinan, Pria Jember Ditangkap Polisi

Polisi menangkap seorang perajin asal Jember, Jawa Timur (Jatim), yang menggunakan kulit dan kepala satwa dilindungi sebagai bahan pembuatan kerajinan.

Universitas Brawijaya Telusuri Jejak Mahasiswa Ditangkap Densus 88

Seorang mahasiswa Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), diamankan Densus 88 Antiteror Polri karena diduga terafiliasi jaringan ISIS.

Diduga Ikut ISIS, Mahasiswa Universitas Brawijaya Ditangkap Densus 88

Seorang mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ditangkap Densus 88 Anti-teror Polri karena diduga terafiliasi jaringan ISIS.

Kereta Cepat Bakal Dibangun di Surabaya, Wagub Jatim: Jangan Ditunda

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana membangun jaringan kereta cepat di wilayah Kota Surabaya.

Mengenal Getuk Golan, Kudapan Khas Ponorogo yang Wajib Dicoba

Mengenal getuk Golan yang merupakan kudapan khas Ponorogo yang telah ada sejak puluhan tahun silam.

Tantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur menjadi tempat yang sakral bagi umat Hindu karena sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa, sesuai Kitab Tantu Panggelaran yang menganggapnya sebagai paku saat penciptaan Pulau Jawa.

Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan DPRD Ponorogo, Apa Saja Tuntutannya?

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Front Renaissance menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD Ponorogo dengan sederet tuntutan.

Tanah Longsor di Ponorogo, 2 Rumah Jebol

Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, akibat curah hujan tinggi.

Oalah, Kotak Amal Musala di Madiun Ternyata Sudah 4 Kali Dibobol Maling

Kejadian kotak amal di musala As-Shabirin di Jalan Sidomukti, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, yang dibobol maling ternyata sudah empat kali terjadi.

Sopir Ngantuk, Truk Tabrak Truk di Tol Madiun, 1 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua truk terjadi di KM 620B Jalan Tol Madiun-Surabaya, Desa Bongsopotro, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (23/5/2022) petang.