SOLOPOS.COM - Anggota Bhabinkantibmas di Polsek Kesugihan, Aiptu Warsito, bakal menjadi kusir kereta pengantin Kaesang-Erina saat kirab di Solo, Minggu (11/12/2022). Foto diambil Kamis (8/12/2022). (Istimewa/Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SOLO — Personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkantibmas) di Polsek Kesugihan, Cilacap, Aiptu Warsito, didapuk menjadi kusir kereta kuda pengantin Kaesang-Erina saat kirab di Solo, Minggu (11/12/2022).

Kirab akan menempuh rute dari lokasi acara ngunduh mantu di Loji Gandrung menuju lokasi resepsi di Pura Mangkunegaran. Kereta kuda pengantin akan ditarik enam ekor kuda.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Aiptu Warsito sehari-hari bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Kesugihan Polres Cilacap. Sejak kecil, Warsito sudah akrab dengan kuda di kampung halamannya di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Kebetulan, keluarganya memiliki delman dan kuda di rumah. “Betul. Saya nanti menjadi kusir kereta kuda pengantin pernikahan putra Presiden Jokowi [Kaesang Pangarep-Erina Gudono],” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (8/12/2022).

Sebelum didapuk jadi kusir kereta kuda pengantin Kaesang-Erina, Warsito mengaku kerap mengikuti event kirab nusantara maupun upacara adat di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Pesta Besar! 16.000 Paket Makanan Dibagikan Gratis saat Nikahan Kaesang di Solo

Event tersebut seperti Festival Keraton Nusantara di Keraton Solo pada 1997, kirab tingalan jumenengan Paku Buwono (PB) XII, dan kirab pernikahan putra PB XII di Solo.

Selain itu juga kirab Hari Jadi Kota Cilacap pada 2019. “Sejak kecil, saya sering merawat kuda di rumah. Orang tua saya punya kuda. Kadang memberi makan dan memandikan kuda,” papar dia.

Seperti diketahui, pasangan pengantin Kaesang-Erina, setelah menjalani akad nikah pada Sabtu (10/12/2022) akan menjalani prosesi ngunduh mantu kemudian kirab naik kereta kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga: Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda

Ada 12 kereta kuda yang digunakan kedua mempelai dan keluarga Presiden Jokowi. Sepanjang rute kirab, pasangan pengantin dan keluarganya akan menyapa warga yang beraktivitas di Jl Slamet Riyadi yang saat itu kebetulan tengah berlangsung ajang Car Free Day (CFD).

Sebagai wujud rasa syukur dan berbagi kebahagiaan, keluarga Presiden Jokowi akan membagikan 16.000 paket makanan dan suvenir gratis bagi masyarakat yang menonton kirab. Paket makanan itu disediakan di dua lokasi yakni Plasa Sriwedari dan dekat Ngarsapura.

Kirab rencananya diberangkatkan dari Loji Gandrung sekitar pukul 08.30 WIB dan pukul 09.00 WIB sudah sampai di Pura Mangkunegaran dilanjutkan resepsi atau tasyakuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya