SOLOPOS.COM - Salah seorang pengusaha mebeler di Jambu Kulon, Ceper, Klaten, Sartono mengontrol barang pesanan pembeli di gudangnya, akhir pekan kemarin. (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Ujian semester kelompok belajar (kejar) paket akan digelar mulai Senin-Sabtu (10-15/12/2012). Ujian itu diikuti siswa dari pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) pelaksana paket A, B dan C atau setara SD, SMP dan SMA sederajat.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Wahyu Widayati, menjelaskan pelaksanaan ujian semester dilaksanaan bersamaan di PKBM setempat di lima kecamatan se-Solo, sesuai dengan tingkatan dan kelas siswa.

Ujian semester itu akan diikuti sebanyak 1.010 peserta dengan biaya ujian paket yang diambil dari APBN, APBD dan Swadaya. Jumlah peserta itu terdiri atas 130 peserta paket A dari enam lembaga, 441 peserta paket B dari 11 lembaga dan 439 paket C dari enam lembaga.

Pelaksanaan ujian semester kali ini dilakukan pada siang hari, atau ujian pelajaran pertama dimulai pada pukul 13.00 WIB. Hal itu agar para siswa yang sebagian besar sudah bekerja dapat mengikuti ujian.

“Kami harap semuanya dapat ikut ujian, karena nilai semesteran ini berpengaruh pada nilai kelulusan di akhir tahun ajaran,” jelas Wahyu saat ditemui wartawan di ruang kerjanya baru-baru ini.

Sementara Pengelola PKBM Ar Ridho, Semanggi, Pasar Kliwon, Sarjoko, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (9/12/2012) menjelaskan pihaknya telah mempersiapkan siswa Kejar paket C sebanyak 33 orang kelas III dan 30 orang kelas II yang akan mengikuti ujian semester. Persiapan dilakukan dengan mengintensifkan kegiatan pembelajaran.

Ia menambahkan di tempatnya pelaksanaan ujian dilakukan pada malam hari. Hal itu menyesuaikan dengan kondisi siswa yang kebanyakan bekerja sampai sore. Hal itu juga sebagai salah satu strategi agar semua siswa dapat mengikuti ujian semester kejar paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya