SOLOPOS.COM - Pecinta sepeda motor jenis skuter atau vespa berkumpul di pintu gerbang Stadion Manahan Solo, Senin (17/8/2015). Mereka mengikuti kirab bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-70 RI. (Irsyam Faiz/JIBI/Solopos)

Sekitar dua ribuan motor vespa akan memadati Kota Jogja, Jumat (15/9) hingga Sabtu (16/9).

Harianjogja.com, JOGJA -Sekitar dua ribuan motor vespa akan memadati Kota Jogja, Jumat (15/9/2017) hingga Sabtu (16/9/2017). Mereka akan menggelar acara Asia Vespa Days 2017 (AVD2017) yang dipusatkan di Komplek Candi Prambanan Prambanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun di akhir acara, para penggemar sekuter dari berbagai negara ini juga akan ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-261.? “Yang sudah dalam perjalanan ada dari Cina, Vietnam, Malaysia, Singapur, kemudian ada juga tamu undangan dari Amerika dan Italia, ” kata Presiden Vespa Club Indonesia yang juga penyelenggara AVD2017, Frannata Suryanto, dalam jumpa pers di Balai Kota Jogja, Kamis (14/9/2017).

Fran mengatakan AVDC baru pertama digelar dan Indonesia menjadi tuan rumah. Digelarnya acara tersebut sebagai ajang kumpul komunitas vespa di seluruh negara di Asia dalam rangka melestarikan vespa. Dalam ajang tersebut juga para peserta akan saling memperkenalkan kebudayaannya masing-masing.

“Khususnya kebudayaan Indonesia dan vespa Indonesia melalui cagar budaya dan keanekaragaman vespa dan komunitasnya,” kata dia.

Meski banyak yang akan hadir, Fran mengaku komunitas sudah komitmen menjaga keselamatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menjaga keamanan, dan tidak mengganggu pengendara lain. Ia juga menyarankan ajang AVD ini dipenuhi vespa sesuai pabrikan tanpa modifikasi.

Karena itu, selama dua hari acara AVD akan dipusatkan di Komplek Candi Prambanan dengan berbagai hiburan. Kemudian pada Sabtu mereka akan menyempatkan berkonvoi ke Balai Kota Jogja. Selama sekitar empat jam para penggemar skuter ini menggelar acara di Komplek Balai Kota.

Lalu, konvoi menuju Jalan Malioboro hanya diikuti 261 vespa disesuaikan dengan angka HUT Kota Jogja, “Supaya tidak memenuhi jalan yang konvoi hanya 261, sisanya nanti kumpul di Balai Kota dan di Prambanan,” ujar Fran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya