Besok, Ribuan Orang Selawatan Bareng Habib Syech di Vastenburg Solo

Ribuan orang diperkirakan akan ikuti tahlil dan selawatan bareng Habib Syech yang digelar DPC PDIP Solo dalam rangka Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg, Jumat malam ini.

 Panggung yang akan digunakan untuk acara Tahlil dan Shalawatan dalam rangka Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (24/6/2022) malam, sudah disiapkan sejak Kamis (23/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Panggung yang akan digunakan untuk acara Tahlil dan Shalawatan dalam rangka Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (24/6/2022) malam, sudah disiapkan sejak Kamis (23/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo akan menggelar Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (24/6/2022) malam. Acara itu untuk memeriahkan Bulan Bung Karno, Juni 2022.

Sebanyak 10.000 warga Solo diperkirakan akan mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech, YF Sukasno. Dia tunjuk sebagai ketua oleh Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Rangkaian dalam Bulan Bung Karno, DPC PDIP Solo mengadakan tahlil dan selawatan bersama Habib Syech dan masyarakat Solo diundang untuk hadir pada acara itu besok malam. Kami perkirakan acara ini diikuti 10.000 orang,” tuturnya.

Sukasno menjelaskan peserta tahlilan dan selawatan bareng Habib Syech di Benteng Vastenburg Solo diimbau mengenakan pakaian berwarna merah atau putih. Sebab panitia akan mengatur kerumunan jemaah menjadi dua kelompok, yaitu kerumunan baju merah dan jemaah berbaju putih.

“Nuansa merah putih, jemaah ada yang memakai baju merah, ada yang memakai baju putih. Masyarakat luas kami harap bisa menyesuaikan. Ada sekat di tengah area. Walau bukan pemisah, tapi biar kelihatan nuansa merah putih,” katanya.

Baca Juga: Bulan Bung Karno 2022: Konser 550 Seniman-Selawatan Habib Syech Assegaf

Untuk memudahkan pengaturan oleh panitia, Sukasno menjelaskan peserta yang memakai baju warna merah akan diarahkan lewat pintu barat. Sedangkan peserta yang mengenakan baju putih lewat pintu timur. Bagi yang terlanjur masuk akan diatur di area dalam.

Undang Gubernur dan Wali Kota

Sukasno mengatakan kegiatan tahlilan dan selawatan bareng Habib Syech itu mengundang sejumlah tokoh seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, pengurus DPD PDIP Jateng, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wawali Solo Teguh Prakosa, dan Forkompinda Solo.

“Pak Danrem, Dandim, Kapolresta, Danbrimob, camat-camat, lurah-lurah dan tokoh-tokoh Kota Solo. DPD Jateng juga diundang. Kami sudah koordinasi dengan Dishub untuk rekayasa lalin, juga koordinasi dengan Polresta, Kodim,” terangnya.

Baca Juga: Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Klaten Gelar Pendidikan Politik

Sukasno berharap tidak ada penutupan ruas jalan di sekitar Benteng Vastenburg kendati ribuan peserta tahlil akbar dan selawatan akan datang. “Kami berharap tidak menutup jalan agar tak mengganggu lalin. Area parkir pun luas,” urainya.

Sedangkan untuk persiapan acara, menurut Sukasno, sudah dilakukan pembersihan area Benteng Vastenburg dalam lima hari terakhir. Selain itu panitia sudah menyiapkan karpet atau alas duduk bagi seluruh peserta karena konsepnya lesehan.

“Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dengan berlaku tertib, nanti lesehan, panitia siapkan karpet dan sebagainya. Walaupun ribuan, tapi kami harapkan bisa tertib. Kami juga mohon doa semua pihak agar acara besok lancar,” harapnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

+ PLUS Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengajak banyak pemangku kepentingan berkolaborasi merevitalisasi bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan satu dari 38 bahasa daerah yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

Berita Terkini

Miris! Solo Kota Layak Anak, Tapi Minim Lokasi Lapang Untuk Bermain

Minimnya lahan dan lokasi untuk bermain yang bisa diakses secara bebas oleh anak di Kota Solo membuat mereka bermain di tempat berbahaya seperti jalan kampung dan rel KA.

Hari Senin Cerah Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Boyolali 27 Juni 2022

Artikel ini menyajikan prakiraan cuaca Boyolali Senin (27/6/2022),

Tak Ada Potensi Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Kota Solo Senin 27 Juni

Prakiraan cuaca BMKG untuk Kota Solo hari ini, Senin (27/6/2022), tidak menunjukkan ada potensi hujan sepanjang hari.

Semangat Kerja! Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Senin 27 Juni 2022

Ini dia prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo pada Hari Senin (27/6/2022).

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Stabil Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Hidupi 3 Anak, Segini Penghasilan Ibu Kakak-Beradik Pemulung di Solo

Ibu kakak-beradik yang menjadi pemulung di Kota Solo menceritakan perjuangannya menghidupi tiga anak dengan penghasilannya dari menjual barang rongsokan.

SoloKeren #2: Milenial Melek Digital, Tak Perlu Takut Nabung di Bank

Acara SoloKeren #2 yang digelar di Edutorium UMS Solo mengajak generasi milenial tidak perlu takut menabung di bank karena ada jaminan dari LPS.

Ibunda Bagas Pemulung Cilik Di Solo Ternyata Punya Kisah Memilukan

Ibunda Bagas dan Risky, dua kakak beradik yang jadi pemulung di Solo ternyata pernah mengalami kejadian traumatis di masa lalu.

Kronologi 2 Motor Adu Banteng di Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng melibatkan dua motor di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Desa Bangsri, Karangpandan, Karanganyar pada Sabtu (25/6/2022) menyebabkan satu orang meninggal.

Terminal Tirtonadi Solo Kini Megah Dan Ramai, Ini Sosok Di Baliknya

Transformasi Terminal Tirtonadi Solo dari yang dulu terkesan kumuh dan rawan tidak kejahatan menjadi bersih dan modern tidak lepas dari andil tokoh ini.

Kejuaraan Nasional Freestyle Polres Wonogiri Bikin Decak Kagum Penonton

Polres Wonogiri menggelar kejuaraan nasional freestyle Stunfest Bhayangkara di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri, Minggu (26/6/2022).

SMPN di Sragen Kota Kurang Siswa, Berjarak 4 Menit dari Kantor Bupati

Panitia PPDB Online Sragen 2022 menyebut satu SMP di Sragen Kota kekurangan siswa padahal lokasinya hanya berjarak 4-5menit dari Kantor Bupati Sragen.

2 Anaknya Jadi Pemulung Di Solo, Begini Penjelasan Ibunda Bagas-Risky

Ibunda Bagas dan Risky, Ani, menceritakan kondisi keluarga dan dua anaknya yang menjadi pemulung di Solo.

Tekad Ganjar Kurangi Sampah di Jateng, Ini 5 Rumusan Kongres Sampah II

Kongres Sampah II di Paseban Candi Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten merekomendasikan lima hal penting untuk mengelola sampah di wilayah Jateng.