Tutup Iklan

Besok, Puluhan Pedagang di Pasar Bunder dan Gondang Sragen Jalani Rapid Test

Puluhan pedagang di Pasar Bunder dan Pasar Gondang, Sragen, bakal ikuti rapid test,

Besok, Puluhan Pedagang di Pasar Bunder dan Gondang Sragen Jalani Rapid Test

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapid test. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN – Puluhan pedagang di Pasar Bunder dan Pasar Gondang Sragen bakal menjalani rapid test terkait Covid-19, Selasa (12/5/2020).

Rapid test untuk para pedagang itu dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen. Pedagang di dua pasar tersebut dipilih secara acak.

Lurah pasar di dua pasar tradisional tersebut menyosialisasikan rapid test kepada pedagang, pada Senin (11/5/2020). Rapid test dilaksanakan untuk pedagang di Sragen yang secara sukarela mau mendaftar.

Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Sragen, Tommy Isharyanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin siang, menyampaikan awalan rapid test hanya dilaksanakan bagi pedagang di dua pasar, Pasar Gondang dan Pasar Bunder.

Bukan Aktivitas Seismik, Dentuman di Jateng Berasal dari Gelombang Jet?

Rapid test dilaksanakan Selasa pagi mulai pukul 09.00 WIB. Dia menjelaskan sampel pedagang yang diambil secara acak minimal 25 orang dan maksimal 50 orang.

“Mulai hari ini [kemarin], lurah pasar langsung sosialisasi ke pedagang,” ujarnya.

Pasar Bunder

Lurah Pasar Bunder Sragen, Sugino, mengatakan sosialisasi rencana rapid test dilakukan bersama bidan pasar kepada para pedagang menggunakan pengeras suara.

Sosialisasi dilakukan berkeliling pasar mengingat jumlah pedagang di Pasar Bunder mencapai 2.390 orang yang tersebar di kios, los, dan adegan atau oprokan.

7 Karyawan Positif Covid-19, 1.340 Pengunjung Indogrosir Sleman Ikut Rapid Test

“Besok sampel yang diambil secara acak. Diupayakan pedagang yang sukarela mau di-rapid test. Informasi yang kami terima ada 50 pedagang yang disasar. Tadi sosialisasi rapid test sekaligus imbauan wajib pakai masker. Penerimaan pedagang macam-macam, ada yang masu secara ikhlas untuk rapid test. Malah ada yang pesan untuk ikut sampai mengisi daftar nama, tapi juga ada yang takut dan tidak mau,” terangnya.

Sugino menyebut jumlah pedagang di Pasar Bunder terdiri atas 448 orang pedagang di kios, 1.342 di los, dan 600 pedagang oprokan. Berbeda dengan di Pasar Gondang yang jumlah pedagangnya relatif lebih sedikit.

Ziarah ke Makam Suaminya, Yan Vellia Tak Mampir ke Rumah Istri Pertama Didi Kempot

Pasar Gondang

Lurah Pasar Gondang, Sragen, Randimin, mengatakan jumlah pedagang yang terdata di sana hanya 43 orang. Dia mengatakan nantinya pedagang di Pasar Gondang Sragen yang akan ikut rapid test sekitar 27 orang. Dia mengatakan 27 orang pedagang itu dipilih secara acak dari total pedagang yang ada.

Sebelumnya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati merencanakan tes cepat Covid-19 terhadap pedagang di tiga pasar tradisional terbesar di Sragen, yakni Pasar Bunder, Pasar Gondang, dan Pasar Gemolong dengan target 50 orang per pasar. Selain itu, Bupati juga berencana mengambil rapid test bagi wartawan. “Rapid test untuk wartawan masih menunggu,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.