Besok! Pesawat Aeroflot Evakuasi Warga Rusia dari Bali
Pesawat milik Aeroflot, Rusia. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah negara meminta warganya meninggalkan Indonesia, termasuk Rusia yang mengirim pesawat untuk evakuasi warga negaranya dari Bali. Maskapai penerbangan nasional Rusia, Aeroflot, akan menerbangkan pesawat untuk mengevakuasi warga negaranya dari Bali, Minggu (29/3/2020).

Evakuasi warga Rusia dari Bali dilakukan di tengah wabah virus corona. Misi khusus itu diungkapkan Kementerian Transportasi Rusia, seperti dilansir kantor berita Rusia, Sputnik, Sabtu (28/3/2020).

Edaran Kedubes Belgia Cara Keluar dari Indonesia, Terkait Wabah Corona?

"Untuk mengevakuasi para warga negara Rusia dari Bali, Aeroflot akan melakukan satu penerbangan tambahan dengan 457 tempat duduk pada 29 Maret," kata Kementerian dalam pernyataan.

Laporan itu tidak menyebutkan berapa banyak orang yang akan dibawa dalam penerbangan Aeroflot itu. Evakuasi warga Rusia dari Bali itu memang tidak menggunakan penerbangan reguler.

Corona Menggila, Menkes Belgia Larang Warga Seks Threesome? Cek Faktanya

Kamis (26/3/2020), Pemerintah Rusia memerintahkan Badan Transportasi Udara Federal melarang semua penerbangan reguler dan sewaan internasional. Larangan terbang itu berlaku mulai Jumat (27/3/2020).

Pengecualian diberikan pada pesawat yang membawa pulang atau evakuasi warga negara Rusia dari luar negeri, termasuk Bali. Evakuasi itu dilakukan karena ancaman pandemi virus corona, termasuk di Indonesia.

Khawatir Dampak Covid-19, Keluarga Kedutaan Amerika Diminta Tinggalkan Indonesia

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada 11 Maret menyatakan virus corona baru Covid-19 sebagai pandemi. Artinya, Covid-19 menjadi wabah yang berjangkit secara serentak di berbagai negara.

Orang Asing Eksodus?

Sejauh ini menurut Johns Hopkins University, sudah lebih dari 590.000 orang di seluruh dunia tertular virus corona. Selain itu lebih dari 27.000 orang kehilangan nyawa akibat virus tersebut.

Pemerintah Kelamaan, Desa-Desa di Sukoharjo Lockdown Lokal

Sementara itu hingga Sabtu pukul 16.00 WIB, jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 1.155 dan korban jiwa sebanyak 102 orang. Menurut rangkaian data yang sama, jumlah orang di Bali yang positif virus corona sebanyak 9 orang dan 2 meninggal dunia.

Sebelumnya beredar kabar rencana evakuasi warga Rusia dari Bali, beredar edaran Kedutaan Besar Belgia tentang cara pulang dari Indonesia. Kabar ini muncul di tengah situasi wabah corona dan desakan publik agar pemerintah melakukan lockdown terhadap Jakarta.

Pasien Positif Corona Ke-4 yang Meninggal di RSUD Moewardi Solo dari Sukoharjo

Edaran Kedubes Belgia yang ditulis dalam bahasa Prancis tersebut menggambarkan situasi penerbangan melalui berbagai maskapai di Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia. Rute penerbangan tersebut adalah dari Jakarta menuju Brussel, Belgia, melalui berbagai jalur.

Salah satu penerbangan yang disebut dalam surat edaran itu adalah penerbangan Aeroflot rute Denpasar-Moskow.

Sumber: Antara



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom