SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sidang terbuka pengukuhan gelar doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) kepada Bupati Karanganyar, Rina Iriani, Rabu (30/6) besok, akan dibanjiri tamu undangan yang merupakan para birokrat yang berada di wilayah Soloraya hingga pejabat pusat.

Selain menghadirkan 26 kepala daerah, pejabat MPR, DPR yang merupakan rekan sejawat Bupati Karanganyar. Sidang terbuka tersebut akan dihadiri seluruh rektor perguruan tinggi negeri maupun swasta. Rina mengatakan, sejumlah pejabat tinggi dari pusat maupun luar Jawa lainnya mengaku tertarik untuk hadir dan belajar menerapkan politics will terkait dengan penggunaan bahasa daerah khususnya Jawa (Kromo Inggil-red) dalam kehidupan sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Teman-teman saya mengaku ingin tahu dan mengetahui bagaimana peran bahasa dapat signifikan meningkatkan dan penanaman karakter kebangsaan,” jelas dia dalam acara jumpa pers yang digelar di Rumah Makan Goela Klapa Manahan Solo, Selasa (29/6).

Dalam hal ini Rina yang akan menyampaikan naskah disertasi program Studi Linguistik (S3) berjudul “Studi Evaluasi Bupati tentang Program Rabu Berbahasa Jawa”, akan menyampaikan sejumlah rekomendasi agar pelaksanaan program tersebut tetap lestari. Dia mengungkapkan meskipun pelaksanaan program tersebut telah tercantum dalam surat keputusan (SK) Bupati, tetapi dirinya berupaya untuk menerapkan ketentuan itu dalam rancangan peraturan daerah (Raperda).

“Saya merekomendasikan untuk membuat Raperda, sehingga tidak hanya akan lestari tetapi masyarakat akan memiliki tugas yang sama untuk menanamkan karakter lokal Jawa,” jelas dia.

das

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya