SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Pendaftaran calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mulai dibuka Jumat (18/6) dan akan berakhir Kamis (24/6). Namun demikian, baru satu pasangan calon yang sudah memastikan mendaftar.

Pasangan calon itu adalah Danar Rahmanto dan Yuli Handoko yang diusung oleh Koalisi Wonogiri Bangkit (KWB). Mereka menjadwalkan pendaftaran pada Minggu (20/6) pukul 10.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut disampaikan secara terpisah oleh Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo dan Ketua KWB, Sardi, Kamis (17/6). Ditemui di sela-sela mempersiapkan ruangan untuk pendaftaram calon di kantor KPU, Joko mengatakan, meski dibuka mulai Jumat, pada hari pertama dan kedua pendaftaran sepertinya belum akan ada yang mendaftar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sejauh ini yang sudah memastikan akan mendaftar ke kami adalah pasangan calon dari KWB. Mereka memberitahukan akan datang untuk mendaftar ke KPU, Minggu. Kami juga sudah berusaha mengkonfirmasi partai/koalisi lain tapi mereka belum memastikan,” jelas Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, sebelum mendaftar, pasangan calon atau partai/gabungan partai yang mengusungnya diminta memberitahukan ke KPU mengenai waktu pendaftarannya. Hal itu untuk menghindari terjadinya pendaftaran lebih dari satu pasangan calon pada waktu yang bersamaan, karena itu akan sangat merepotkan.

Selain itu, Joko melanjutkan, pasangan calon atau partai/gabungan partai yang mengusungnya juga diminta mempersiapkan berkas persyaratan pencalonan secara lengkap. Jika tidak lengkap, maka pasangan calon yang didaftarkan itu tidak akan dicatat.

Persyaratan dimaksud meliputi fotokopi SK pendirian partai dan AD/ART atau surat pernyataan berkoalisi bagi gabungan partai (koalisi), surat pengajuan calon (formulir disediakan KPU) ditandatangani ketua dan sekretaris partai seperti yang tertera dalam SK pendirian partai, serta berita acara daru partai politik atau gabungan partai politik tentang penetapan pasangan calon yang diajukan ke KPU.

Sementara itu, Ketua KWB, Sardi, saat dihubungi Espos, membenarkan pihaknya memang merencanakan akan mendaftarkan pasangan calon yang diusung pada Minggu. Namun demikian, Sardi belum bisa menerangkan teknis pendaftarannya.

“Kalau tidak ada halangan, rencananya Minggu (besok) pasangan calon yang kami usung akan mendaftarkan diri ke KPU. Rombongan akan berangkat dari rumah Pak Danar di Ngadirojo pukul 08.00 WIB. Soalnya kami menjadwalkan sampai di KPU pukul 10.00 WIB,” jelas Sardi.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya