SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

WATES-Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo, besok [Senin (11/2/2013)] pagi bakal mengambil sampel air di Sungai Jembangan, Gulurejo, Lendah. Pengambilan sampel dilakukan untuk mengetahui dugaan pembuangan limbah yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Kepala KLH Kulonprogi, Heri Purnomo mengatakan pengambilan sampel akan dilakukan bersama dengan Badan Lingkungan Hidup DIY. Sementara dari hasil penelusuran di lapangan, dugaan limbah berasal dari industri batik. Padahal, para perajin batik tidak tahu jika limbah dibuang ke sungai karena diserahkan pada pihak ketiga.

“Kemungkinan besar pihak ketiga ini yang nakal. Kami masih telusuri sambil meneliti sampel airnya. Kalau terbukti pihak ketiga itu bisa dikenai teguran bahkan sanksi,” katanya.

Menurut Heri, pihaknya berencana melokalisasi aliran air di sungai tersebut dari aktivitas warga setempat. Diharapkan, air hujan yang turun bisa segera menetralkan kandungan limbah yang mencemari sungai itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya