SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), akan menghadiri kampanye terbuka di Solo, Selasa (9/4/2019). Rapat umum akan digelar di Stadion Sriwedari.

Terkait hal itu, Ketua DPC PDIP, F.X. Hadi Rudyatmo, menegaskan peserta kampanye dilarang menggunakan sepeda motor berknalpot brong. Peserta kampanye diharuskan berjalan kaki menuju lokasi rapat umum terbuka menuju Stadion Sriwedari. 

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Capres nomor urut 01 rencananya naik kereta kencana dari Lapangan Kota Barat menuju lokasi untuk berbaur bersama masyarakat. F.X Hadi Rudyatmo yang juga Wali Kota Solo, saat dijumpai wartawan dalam kegiatannya di Lapangan Pura Mangkunegaran, Senin (8/4/2019), mengatakan pada Selasa besok seluruh rakyat Solo akan turun ke jalan memberikan dukungan kepada Jokowi untuk menjabat kembali menjadi Presiden RI.

“Masyarakat jalan kaki menuju Stadion Sriwedari, tidak ada yang boleh menaiki sepeda motor. Rakyat jalan kaki sebagai wujud rekasa untuk mewujudkan keinginannya menjadikan Jokowi kembali menjadi Presiden Indonesia,” ujarnya.

Ia menegaskan apabila masih ada yang nekat menggunakan sepeda motor berknalpot brong akan ditertibkan oleh satgas. Rudy, sapaan akrabnya, mengaku telah memerintahkan 2.500 satgas pengamanan dari berbagai wilayah untuk membantu agar rapat umum terbuka berjalan tertib.

Menurutnya, antusiasme pendukung Jokowi sangat tinggi untuk hadir memberikan dukungan dari berbagai lokasi di Indonesia. Ia tidak dapat memperkirakan jumlah pendukung yang akan datang.

Peserta kampanye yang disebut barisan lurik (akronim dari lurus dan ikhlas) akan memberikan dukungan kepada Jokowi. Ia mengimbau masyarakat yang hadir memberikan dukungan tidak mudah terprovokasi dan tidak boleh melakukan hal-hal lain tanpa persetujuan ketua DPC. 

Rudy mengaku telah berkoordinasi dengan daerah lain untuk datang ke Kota Solo dengan tertib tanpa menggunakan sepeda motor berknalpot brong. “Kami akan menggelar karnaval, tapi detailnya nanti dulu kami akan rapat dulu dengan Tim Kampanye Nasional [TKN]. Yang jelas dari Kota Barat sampai Jl. Bhayangkara, mungkin Jl. Slamet Riyadi akan penuh dengan massa. Karnaval dimulai pukul 15.00 WIB, pokoknya begitu Presiden Jokowi datang langsung karnaval,” ujarnya.

Ketua Tim Kampanye Daerah Solo untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin , Her Suprabu, memperkirakan peserta yang datang dapat mencapai 100.000 orang dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

“Nanti ada orasi dari tokoh-tokoh nasional dan artis Ibu Kota. Konsepnya, Pak Jokowi dan Ibu Iriana akan berinteraksi dengan masyarakat, dikirab menaiki kereta kencana. Kami optimistis Solo menang di atas 80 persen,” ujarnya.

Menurutnya, akan menyiapkan bus untuk menjemput peserta kampanye yang datang menuju Kota Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya