SOLOPOS.COM - JALAN TOL. Sejumlah alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang?Ungaran, di ruas Gedawang-Penggaron, di Semarang, Jateng, Rabu (10/8). Jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang?Ungaran sepanjang 14,1 kilometer ini rencananya akan dibuka menjelang arus mudik Lebaran nanti namun masih terbatas hanya bisa dilewati kendaraan kecil seperti mobil pribadi. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Semarang (Solopos.com) – Jalan Tol Semarang-Solo bakal dioperasikan mulai Sabtu (20/8/2011) esok. Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Danang Atmojo, mengatakan jalur yang akan dioperasikan adalah ruas Semarang-Ungaran sepanjang 11 km. “Besok pukul 08.00 WIB, Bapak Gubernur akan meresmikan operasional jalan tol Semarang-Ungaran,” ujarnya.

PENYELESAIAN -- Sejumlah alat berat digunakan untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang?-Ungaran, di ruas Gedawang-Penggaron, Kabupaten Semarang. Jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang-?Ungaran ini pada Sabtu (20/8/2011) besok pagi akan dibuka. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Operasional jalan tol Semarang-Ungaran itu, untuk mengatasi kemacetan arus lalulintas di jalur utama Semarang-Solo-Jogja di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang. Untuk sementara hanya kendaraan kecil atau pribadi yang boleh lewat di jalan bebas hambatan tersebut, sedang kendaraan berat seperti truk dan tronton tetap lewat jalur utama. “Selama uji coba, pengguna jalan tol Semarang-Ungaran tak dipungut retribusi,” kata Danang.

Sementara anggota DPRD Jateng, Sri Praptono, menyatakan persiapan operasional jalan tol Semarang-Ungaran harus diperhatikan dengan seksama. Sarana pendukung misalnya, rambu-rambu penunjuk arah, lampu penerangan jalan, pembatas jalan harus sudah dipasang sehingga pengguna menjadi nyaman. Selain itu, lanjut anggota Dewan dari Fraksi PKS, juga harus diperhatikan pintu jalan tol di Ungaran yang kondisi jalannya masih sempit sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan. “Semuanya harus diantisipasi. Untuk itu perlu ditempat petugas di sejumlah titik yang dianggap rawan agar pemudik merasa nyaman melalui jalan tol itu,” ujar dia.

oto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya