SOLOPOS.COM - Sejumlah pohon Natal mulai terpasang di Jl. Jenderal Sudirman Solo, Selasa (29/11/2022). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO– Instalasi cahaya sinterklas, snowman, hingga malaikat dipasang di kawasan Jl Jenderal Sudirman dan Jl Urip Sumoharjo, Solo untuk memeriahkan Natal dan Tahun Baru 2023. Instalasi cahaya rencananya dinyalakan, Kamis (1/12/2022) sore.

Pengrajin yang membangun instalasi cahaya, Prasetyo alias Black, 40, mengatakan timnya bakal memasang  sinterklas, enam rusa, gingerbread, lilin, dan  lima pohon natal bakal di depan Balai Kota Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selain itu, lanjut dia, ada malaikat dengan selendang dengan lebar 3,5 meter yang akan dipasang di sekitar Tugu Jam Pasar Gede Solo. Snowman dengan ketinggian 3,5 meter dipasang dekat Tugu Pemandengan, Rabu sore.

Adapun sejumlah 12 pohon natal dengan ketinggian 3 meter telah terpasang di median jalan. Satu pohon natal besar dengan ketinggian 5 meter akan dipasang di bundaran Gladak.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami mengantisipasi supaya instalasi tidak rusak/ambruk dengan menambah pemberat. Kami pasang seling-seling supaya pohon natal di bundaran Gladak tidak ambruk,” ujarnya.

Baca Juga: 22 Tahun Bisnis Lampion, Karya Wong Sukoharjo Ini Jadi Langganan Pemkot Solo

Menurut dia, ada rencana penyalaan lampu natal mulai Kamis (1/12/2022). Instalasi cahaya yang dia pasang menyala seluruhnya kemungkinan Jumat (2/12/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (30/11/2022) pagi, sejumlah pohon natal telah terpasang di median jalan Jl Jend Sudirman. Pohon natal berbeda satu dengan lainnya.

Sejumlah pohon natal, antara lain, ada yang memakai material botol, caping, instalasi lampu seperti ular, dan bambu. Ada sejumlah nama instansi pada dudukan pohon natal.

Perwakilan Panitia Natal 2022 dan Panitia Bersama Imlek 2023 Sumartono Hadinoto menjelaskan instalasi cahaya mulai dinyalakan Kamis sore. Ada seremoni penyalaan lampu dari panitia bersama.

Baca Juga: 13 Pohon Natal Semarakkan Natal kawasan Jensud Solo

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan ruang-ruang yang tersedia di Balai Kota Solo serta Jl Jend Sudirman bisa digunakan oleh semua paguyuban atau kelompok apapun, termasuk untuk memeriahkan Natal dan Tahun Baru.

“Kemarin sudah ada lampion Imlek, lampion Idul Fitri, lampion Sura, lampion 17-an. Ini mendekati Natal dan Tahun Baru, lampion dan dekorasinya dekorasi Natal,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya