SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Secara bersamaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo akan mengumumkan hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) dan ujian nasional (UN) ulangan tingkat SMP, Sabtu (12/6) besok.

Menurut Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, dari  1.858 peserta UN Ulangan SMP yang digelar beberapa waktu lalu, ada 45,48 persen atau 837 siswa  yang dinyatakan tidak lulus. Dia mengatakan, jumlah ketidaklulusan ujian dinilai tinggi sehingga pihak sekolah diminta untuk segera membentuk klinik center secara intern dimasing-masing sekolah. Artinya pihak sekolah harus melakukan pendekatan psikologis bagi siswa yang tidak lulus tersebut.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Jumlah yang tidak lulus termasuk tinggi, sehingga hal ini merupakan bahan evaluasi pihak sekolah untuk memperbaiki kualitas sekolah,” jelas dia ketik dijumpai Espos di ruang kerjanya, Jumat (11/6).

Dia mengatakan, selain membantu memulihkan kondisi psikologi siswa pihak sekolah harus mendampingi siswa apabila mereka ingin mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket B atau setara dengan SMP. Menurutnya, pihak sekolah diminta untuk segera mendata berapa jumlah siswa yang akan mengikuti Paket B dan berkoordinasi dengan penyelenggara UNPK tingkat kota.

“Rencananya kami akan menyelenggarakan UNPK Paket B pada akhir bulan Juni, mengenai tempat atau lokasi penyelenggaraan kami akan segera tentukan,” jelas dia.

Dia menambahkan, selain mengumumkan hasil UN ulangan SMP, pada hari yang bersamaan pihak SD mengumumkan hasil UASBN. Menurutnya, mengenai hasil ujian hal tersebut diberikan kepada pihak sekolah untuk menentukan apakah siswa tersebut lulus atau tidak. Dia mengatakan, hasil kelulusan di tingkat SD ditentukan dari kriteria ketuntasan UASBN yang ditentukan oleh masing-masing sekolah.

“Penentuan lulus atau tidak itu diserahkan oleh pihak sekolah dan hasil rapat dewan guru, dinas dalam hal ini hanya mendapatkan rekap kelulusan di masing-masing SD,” jelas dia.

das

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya