SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Endra Zulpan. (Antara)

Solopos.com, JAKARTAPolda Metro Jaya berupaya mencegah penyusup dalam demo buruh May Day Fiesta 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Sabtu (14/5/2022). Upaya itu dilakukan dengan menyiapkan personel untuk melakukan filterisasi.

“Di GBK ada beberapa pintu masuk, nanti di situ ada beberapa petugas yang akan mengontrol,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Zulpan mengimbau agar massa buruh yang datang ke lokasi aksi membawa identitas lengkap dan datang secara berkelompok sehingga memudahkan petugas untuk melakukan filterisasi. Petugas yang berjaga di lokasi akan memastikan yang bisa memasuki lokasi acara hanya massa buruh.

Baca Juga: Demo Buruh di Semarang, Singgung Ganjar Nyapres

“Untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya, tentunya kita akan memastikan karena tempatnya ini di GBK. Jadi, siapa yang bisa masuk ke tempat acara itu adalah dari kelompok buruh,” ujarnya.

Peserta aksi juga diharapkan tidak terpisah dari rombongan untuk memudahkan petugas memberikan pengamanan serta agar peserta aksi tidak tertinggal rombongan saat kepulangan.

“Mempermudah nanti datang dan kembalinya, mereka tidak nanti kehilangan kelompoknya. Kepolisian sudah mengantisipasi agar kegiatan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Zulpan.

Baca Juga: Demo Buruh di Kantor Bupati Sukoharjo Tuntut Pembatalan Aturan JHT

Zulpan mengatakan pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan terkait digelarnya aksi tersebut dan menurut surat tersebut kegiatan May Day Fiesta diperkirakan diikuti oleh sekitar 60.000 orang.

Para peserta aksi adalah massa dari elemen buruh yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan diperkirakan akan datang dengan sekitar 1.200 bus. Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Sabtu sekitar pukul 09.00-15.00 WIB, sehingga masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar lokasi aksi diharap bisa memaklumi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Pihak kepolisian memastikan tidak menutup kawasan tersebut untuk umum, meski telah mengeluarkan imbauan untuk menghindari kawasan GBK pada Sabtu.

Baca Juga: Demo Buruh di Kantor Gubernur Jateng Abaikan Protokol Covid-19, Begini Reaksi Ganjar…

Kawasan lainnya yang ikut terdampak aksi May Day Fiesta, yakni Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari Simpang Semanggi hingga depan Gedung DPR/MPR RI, kemudian kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga Simpang Semanggi.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: May Day Fiesta 2022, Polisi Sebut 60 Ribu Buruh Ikut Aksi Massa di GBK Sabtu, 14 Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya