SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) periode Juli Desember 2010 cair Rabu (24/11) besok.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ini, katanya, masih dalam tahap verifikasi oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Solo. Molornya pencairan BPMKS dari target semula pada pekan lalu, disebabkan masih adanya data dari sekolah yang belum benar. Padahal DPPKA akan mencairkan dana setelah semua data dipastikan ada dan benar.

“Tapi hari ini (Senin-red), data itu sudah dibenarkan sehingga akan langsung dilaporkan lagi ke DPPKA. Diharapkan Rabu dana sudah cair,” terangnya.

Sementara untuk BPMKS alih jenjang yang jumlah pemohonnya sekitar 15.000 siswa, ungkapnya, pekan ini sedang dalam tahap pembuatan kartu. Selanjutnya pekan depan akan dilanjutkan pada proses pencairan, tapi masih di-handle Disdikpora. Yaitu meliputi penandatanganan memorandum of understanding (MoU), melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

“Jika semua data dari Disdikpora sudah siap, baru akan masuk ke DPPKA untuk selanjutnya diverifikasi lagi oleh DPPKA. Jika sudah benar semua, baru akan dicairkan,” katanya.

Demikian halnya untuk BPMKS di luar database, kata Rakhmat, ditargetkan pencetakan kartu selesai pekan ini, pekan depan proses pencairan dan selanjutnya diserahkan ke DPPKA. Rakhmat menargetkan, maksimal pada 10 Desember 2010, BPMKS sudah cair semua dan diterima oleh sekolah.

Jumlah dana yang disiapkan untuk BPMKS periode Juli-Desember dan BPMKS alih jenjang, imbuhnya, mencapai Rp 8 miliar. Sedangkan dana untuk BPMKS di luar database sekitar Rp 4 miliar.

Terkait belum cairnya BPMKS, Rakhmat meminta pihak sekolah dan masyarakat memaklumi. Pasalnya tahun ini merupakan tahun pertama adanya BPMKS, sehingga kinerja belum sepenuhnya tertata rapi. Tapi menurutnya, tahun depan pencairan BPMKS akan lebih baik lagi.

Sebelumnya, Kepala SD Islam Cokroaminoto, Pasar Kliwon, Solo, Asmuni, mengeluhkan lambannya pencairan BPMKS. Melalui short message service (SMS) kepada Espos, Asmuni mengungkapkan BPMKS periode I, Januari-Juni, tahap kedua belum cair. Padahal penandatangan MoU telah dilaksanakan tiga bulan lalu di Puspolanggeng. “Periode Juli-Desember juga belum cair,” ujarnya.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya