SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah) bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Bareskim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (22/11/2016).(JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Berkas kasus Ahok segera dilimpahkan ke Kejakgung.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Selasa (29/11/2016), berkas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selaku tersangka dugaan penistaan agama telah siap dilimpahkan kepada Kejaksaan Agung (Kejakgung).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Soal proses hukum Ahok, saya sudah jelaskan ke GNPF [Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI] berkas Ahok sudah selesai dan akan diserahkan ke Kejaksaan. Kami sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan, insya Allah hari ini [Senin] atau besok [Selasa] sudah P21 dinyatakan lengkap,” kata Tito dalam konferensi pers di kantor MUI yang juga dihadiri oleh Ketua FPI, Habib Rizieq, Senin (28/11/2016).

Tito berharap kejaksaan segera melakukan persidangan sehingga proses hukum kasus Ahok bisa cepat diselesaikan. “Dengan demikian tugas penyidikan selesai, tinggal kami [kepolisian] mengawal mengawal masa persidangan. Kami harap persidangan bisa dilakukan secepatnya dan dilihat bersama,” kata Tito.

Dalam kesempatan itu pula, Tito berkata bahwa Polri telah menyepakati adanya aksi bela Islam jilid III yang berwujud kegiatan keagamaan dalam zikir, tausiah, dan doa yang diakhiri salat Jumat. Kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan di Lapangan Monas. Sebab, berkaca pada aksi sebelumnya, jika dilakukan di Masjid Istiqlal maka tidak akan cukup untuk menampung seluruh massa.

Tak hanya itu, Kapolri juga mengatakan jika pihaknya akan membantu mengakomodasi panggung untuk zikir, arah kiblat, dan tempat berwudu.
Lebih lanjut, dia mengimbau agar unjuk rasa berlangsung tertib. “Kami berharap kegiatan ini tertib, super-damai, dan akan lebih dekat kepada Allah,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya