Besok, 360 Warga Lansia Sukoharjo Disuntik Vaksin Covid-19
Ilustrasi dokter menyuntikkan vaksin. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia atau lansia di Kabupaten Sukoharjo dimulai Jumat (5/3/2021) besok. Sebanyak 360 orang menjadi sasaran vaksinasi Corona pertama bagi warga lansia.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan vaksinasi bagi lansia akan dilaksanakan Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo dan Desa Keteguhan, Kecamatan Tawangsari. Jetis dan Keteguhan menjadi sasaran pertama vaksinasi bagi lansia karena risiko tinggi Corona.

"Hari ini dilaksanakan rapat koordinasi dengan lintas sektor terkait pelaksanaan vaksinasi lansia besok [Jumat] pagi," kata Yunia kepada wartawan saat dijumpai di Gedung DPRD Sukoharjo pada Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Tragis, Ibu dan 2 Anak Meninggal Terlindas Truk Tronton di Sragen

Pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Sukoharjo berbeda dengan daerah lainnya. Dimana basis data calon penerima vaksinasi menggunakan data posyandu lansia, dengan sasaran di Kelurahan Jetis sebanyak 160 orang dan Desa Keteguhan ada 300 orang.

Mendaftar di Posyandu Lansia

Bagi warga lansia yang belum terdaftar sebagai calon penerima vaksin, Yunia meminta segera mendaftar ke kader posyandu lansia terdekat.

Saat ini, Sukoharjo telah menerima 1.200 vial vaksin yang mana satu vial berisi 10 dosis sehingga totalnya sebanyak 12.000 dosis.

Baca juga: Bayi di Solo Lahir Tanpa Tempurung Kepala, Begini Kondisinya

Vaksin tersebut untuk pelaksanaan vaksinasi tahap dua dengan sasaran petugas pelayanan publik yang mencapai 19.313 orang. Sehingga, dosis vaksin yang diterima tersebut masih kurang.

"Pemberitahuan vaksinasi dilakukan secara manual dulu melalui pimpinan instansi masing-masing. Sasaran akan melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang ditunjuk," ujar Yunia.

Untuk diketahui, 19.313 orang petugas pelayanan publik masing-masing masing-masing TNI 1.942 orang, Polri 708 orang, anggota DPRD 57 orang, Satpol PP 188 orang, kepala desa/lurah dan perangkat 2.109 orang, pejabat negara dua orang, ASN 8.527 orang, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja 747 orang, pegawai BUMN atau BUMD 559 orang, petugas pelayanan publik yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat usia 18-59 tahun ada 4.474 orang.

Baca juga: Lagi Dilelang, Mal Pelayanan Publik Karanganyar Didesain Serupa Kafe



Berita Terkini Lainnya








Kolom