SOLOPOS.COM - Kue manco. (Perpus.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah (Jateng) menyimpan banyak karya kuliner yang bisa dijadijkan oleh-oleh. Salah satu makanan khas Purbalingga, Jateng yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah kue manco.

Dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Rabu (11/12/2019), kue manco merupakan makanan khas Purbalingga yang sangat digemari masyarakat setempat. Ada dua pilihan kue manco, yakni manco ketan dan manco wijen.

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Manco ketan biasanya berbahan dasar tepung beras yang dibentuk seperti tabung kecil. Pada bagian tengahnya terdapat rongga dan dilapisi kroto.

Sedangkan manco wijen juga terbuat dari adonan tepung beras ketan yang tipis. Dibentuk bulat, segi tiga ataupun kotak. Bagian tengah Manco wijen ini juga kopong.

Nah bedanya dengan Manco ketan, seluruh permukaan Manco wijen dilapisi dengan gula merah cair, kemudian dilapisi lagi dengan wijen.Jajanan yang bertekstur renyah, manis dan agak lengket ini sudah terkenal sejak lama.

Kue manco konon berasal dari China. Dulu, manco sering disajikan saat acara lamaran orang Tionghoa. Kini, kue manco masih selalu hadir dalam acara hajatan di Purbalingga.

Kue manco dijual dalam kemasan plastik transparan. Dengan isian dan harga yang beragam, kue manco dijual mulai dari Rp8.000 hingga Rp20.000. Hingga saat ini kue, manco masih sangat digemari, bahkan banyak wisatawan yang membeli karya kuliner tersebut sebagai oleh-oleh khas Purbalingga, Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya