Kyandra Kailana Susanto (detik.com)

Solopos.com, SOLO - Indonesia telah menurunkan kontingen ke SEA Games 2019 di Filipina. Menariknya ada atlet berusia 10 tahun yang menjadi atlet termuda di kontingen Indonesia.

Dia adalah Kyandra Kailana Susanto. Kyandra akan bertanding di cabang olahraga skateboard. Dikutip dari detik.com, Rabu (27/11/2019), Kyandra telah hadir di pengukuhan kontingen Indonesia di Hall Basket, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Tubuhnya yang masih kecil cukup menarik perhatian.

Seperti halnya atlet lain, Kyandra langsung disambut Menpora Zainudin Amali bersama jajaran yang berdiri berbaris untuk memberi semangat kepada para atlet. Nantinya, para atlet akan resmi dilepas Presiden RI Joko Widodo di Istana, Bogor.

Ajang SEA Games kali ini menjadi debut Kyandra di ajang internasional. Di SEA Games 2019 nanti, dia akan turun di dua nomor, salah satunya street skateboard. "Ini kali pertama ikut SEA Games, rasanya senang sekali. Saya sudah persiapan sejak setahun lalu di Bandung. Saat dipilih masuk timnas senang banget," kata Kyandra.

Kyandra adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kecintaannya terhadap skateboard baru dia pupuk setahun lalu. Itu pun melalui video Youtube yang dia tonton.

"Awalnya lihat video youtube lalu tertarik dan minta beliin papan skateboard. Kebetulan adik juga suka jadi kita nonton bareng. Saya lihat Spencer Nuzzi. Saya lihat keren banget pas dia lagi ollie kickflip," dia menceritakan.

Selama satu bulan, Kyandra berlatih sampai dia beradaptasi dengan olahraga ekstrem tersebut. Bahkan dia harus merasakan memar-memar pada bagian kakinya. Dia juga menjajal diri di berbagai kejuaraan nasional. Itu pun tak langsung juara.

"Enggak langsung juara. Dua event-event nasional tapi lupa namanya. Enggak kapok malah tertantang untuk coba terus. Enggak [pernah] patah. Jangan sampai lah," katanya.

Meski antusias, atlet kelahiran 5 Maret 2009 ini juga mengaku gugup. Kyandra optimistis bisa segera mengatasinya demi memberikan hasil terbaik untuk Indonesia. "Agak takut tapi coba melakukan yang terbaik saja. Soalnya skill dan teknik lawan lebih bagus. Cuma saya sudah latihan dengan pelatih. Semoga bisa," tandasnya.

Sumber: detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten