SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) meninjau berbagai fasilitas di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Peninjauan tersebut untuk memastikan kesiapan Stadion Manahan Solo yang akan menjadi lokasi pertandingan babak kualifikasi sepak bola Piala Asia AFC U-23 2024 pada 4-12 September 2023. (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyatakan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk menjadi menu wajib untuk dibahas dalam pertemuan bersama partai politik (parpol) lain.

Termasuk, saat pengurus PAN bertemu dengan PDIP dan Partai Gerindra.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah, itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra),” kata Eddy seusai pertemuan dengan DPP Partai Gerindra dilangsungkan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Hal tersebut, kata dia, lantaran PAN memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir.

Erick Thohir sering berkegiatan dengan PAN. Bahkan, lanjut dia, Erick Thohir juga kerap mengenakan pakaian bernuansa warna biru yang senada dengan warna utama partai-nya beberapa waktu belakangan.

“Tadi saya sampaikan kok akhir-akhir ini Pak Erick Thohir itu sering menggunakan nuansa pakaian warna biru. Saya yakin hatinya juga sudah biru,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Tak hanya dengan PAN, Eddy menyebut sosok Erick Thohir juga memiliki hubungan “persaudaraan” dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan lantaran keduanya berasal dari daerah yang sama yakni Lampung.

“Jadi bicaranya antara Pak Erick Thohir dengan Pak Zul itu sudah bicaranya dalam bahasa batin di antara mereka,” ucapnya.

Eddy menilai elektabilitas Erick Thohir juga melesat dalam sejumlah hasil survei sebagai sosok bakal cawapres.

Eddy menyebut PAN mendorong Erick Thohir untuk maju sebagai bakal cawapres lantaran didasarkan sejumlah indikator kedekatan dengan partainya tersebut.

“Tentu sudah merupakan hal yang natural kita kemudian mendorong Pak Erick Thohir untuk bisa kita perjuangkan sebagai salah seorang cawapres di antara bakal capres yang ada,” imbuh dia.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto tak menampik partainya menawarkan nama Erick Thohir saat melangsungkan pembicaraan dengan partai politik lain.

“Seperti yang sudah sering kali sampaikan pembicaraan ini belum ada kata akhir, baik dengan PDIP maupun Gerindra, termasuk dengan Golkar, dan paket yang kami tawarkan ke PDIP kami tawarkan Erick Thohir, ke Gerindra juga kami tawarkan Erick Thohir,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, tak hanya dengan PDIP, PAN juga berkomunikasi dengan Partai Gerindra terkait dengan Pilpres 2024.

Sesuai agenda, elite Partai Gerindra akan mengunjungi Kantor DPP PAN di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023) sore.

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Daulay mengatakan kunjungan para pengurus teras Gerindra ke markas PAN terkait penjajakan potensi koalisi antar kedua partai.

“Soal materinya, mungkin lebih fokus pada potensi kerja sama antara Gerindra dengan PAN. Pembicaraan antara PAN dengan partai lain tidak diagendakan. Begitu juga pembicaraan Gerindra dengan partai lain,” ujar Saleh saat dikonfirmasi, Senin (5/6/2023).

Dia mengakui baik PAN dan Gerindra memang masih sama-sama mencari formasi terbaik untuk menghadapi Pilpres 2024, terutama dalam penentuan pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres).

“Dalam pertemuan nanti, saya perkirakan tidak akan lepas dari pembicaraan soal capres dan cawapres. PAN akan konsisten untuk menyampaikan hal-hal pokok yang menjadi perjuangan PAN. Atas dasar itu, dicarikan titik temu dalam penentuan pasangan pemimpin nasional dalam pilpres nanti,” jelas Saleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya