Gibran Rakabuming Raka (kedua kanan) dan Achmad Purnomo berfoto dengan warga saat melayat G.K.R. Galuh Kencana di Sasana Mulyo Solo, Jumat (1/11/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, akhirnya bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, Jumat (1/11/2019).

Saat ini, kedua sosok itu merupakan rival yang sama-sama berburu tiket dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada Pilkada tahun depan.

Gibran dan Purnomo bertemu saat melayat adik Raja Keraton Solo, G.K.R. Galuh Kencana, di Sasana Mulyo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Saat itu, Purnomo dan Gibran sama-sama mengenakan baju putih. Purnomo tiba lebih dahulu di lokasi takziah sebagai wakil dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Dalam kesempatan tersebut, Purnomo juga menyerahkan akta kematian sebagai bagian dari program Besuk Kiamat atau Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian kepada keluarga.

Saat Gibran tiba di rumah duka, Purnomo tengah menyampaikan pidato sambutan kepada para pelayat.

Mereka berdua bertemu, bersalaman. kemudian berpelukan sesaat setelah jenazah diberangkatkan ke Makam Raja-raja Mataram, Astana Imogiri.

Mereka juga tampak sedikit berbincang, sembari melayani permintaan foto dari pelayat.

“Saya di sini mewakili Pemkot untuk melayat G.K.R. Galuh Kencana. Karena salah satu putra beliau, Mas Ginda [Ginda Ferachtriawan], kebetulan juga anggota DPRD Kota Solo,” ucap Purnomo.

Ditanya soal pertemuan dengan Gibran, pria 70 tahun itu menganggap hal itu sebagai sebuah peristiwa biasa.

“Biasa saja to, cuma saya dan Mas Gibran lama enggak bertemu gitu. Mas Gibran datang kan juga sebagai pelayat, ya sama seperti yang lain,” ucapnya.

Senada dengan Purnomo, Gibran juga tidak menganggap pertemuannya dengan Purnomo sebagai momen istimewa.

“Ya, enggak gimana-gimana kok. Sudah lama juga enggak ketemu. Kali terakhir saat Pernikahan Kahiyang (2017) lalu,” kata Gibran.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten