SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani. (Instagram/yani_sunarno_snm)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani, tak menyia-nyiakan kedatangan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, ke Klaten Minggu (17/7/2022) sore. Mulyani mengajukan sejumlah usulan, salah satunya ihwal pembuatan underpass dari Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten ke Jl. Dewi Sartika.

Mulyani mengatakan sejak perlintasan kereta api (KA) di barat Stasiun Klaten ditutup, Februari 2021, akses dari sisi selatan Klaten menuju wilayah kota atau sebaliknya terhambat. Di beberapa lokasi timbul kemacetan terlebih di perlintasan KA atau palang Krapyak.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Oleh karena itu saya memohon dibuatkan underpass dari Terminal Ir. Soekarno Klaten tembusnya ke Jl. Dewi Sartika,” kata Mulyani saat ditemui di Stasiun Klaten, Minggu.

Hal itu disampaikan ke Kemenhub menyusul lokasi yang diusulkan dibangun underpass berada di tanah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Selain bisa mengurai kemacetan di beberapa lokasi, underpass tersebut bisa menjadi jalur penghubung antara terminal dan stasiun. Lokasi terminal dan stasiun berseberangan dipisahkan ruas jalan by pass.

Disinggung usulan Pemkab Klaten sebelumnya ihwal pembangunan fly over di Palang Krapyak, Mulyani mengatakan rencana itu tetap bergulir. Usulan pembangunan fly over itu disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Baca Juga: Menhub Bawa Tujuan Khusus Saat Berkunjung ke Terminal Klaten, Apa Itu?

“Untuk fly over itu beda kementerian. Insyaallah pada 2023 dibangun,” jelas Mulyani.

Selain usulan pembuatan underpass tersebut, Mulyani juga mengusulkan agar wajah Stasiun Klaten dipercantik dan dilakukan penataan.

“Kami juga minta kawasan milik PT KAI di sisi sisi selatan jalan by pass atau di dekat terminal dibuat taman atau tempat UMKM, tempat oleh-olehnya masyarakat Klaten. Lokasinya juga strategis antara terminal dan stasiun,” kata Mulyani.

Baca Juga: Laju Lambat Transportasi Umum Aglomerasi Soloraya

Sementara itu, Menhub, Budi Karya Sumadi, mengatakan ada beberapa catatan termasuk usulan dari Bupati Klaten.

“Memang ada beberapa catatan dari Bu Bupati akan kami tampung dan dijalankan mana yang bisa dijalankan oleh kami atau kementerian yang lain. Harapan saya, Bu Bupati lakukan kolaborasi secara baik dan sesuai UU,” kata Menhub di Terminal Ir. Soekarno Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya