Kategori: Sukoharjo

Berstatus PDP Corona, Tenaga Kesehatan Pertama di Soloraya Asal Grogol Sukoharjo Meninggal


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO – Seorang tenaga kesehatan di RS dr Oen Solo Baru, AI, 46 berstatus PDP Covid-19 meninggal dunia pada Sabtu (18/4/2020) malam pukul 23.00. Dia yang merupakan seorang perawat menjadi tenaga kesehatan pertama yang meninggal di Soloraya terkait kasus Covid-19.

Pasien tersebut telah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD dr Moewardi sejak 13 hari lalu. Jenazah tenaga kesehatan PDP Covid-19 itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Daksinoloyo pada Minggu (19/4/2020) pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Pemusalaran jenazah dilakukan sesuai prosedur standar pasien Covid-19. Camat Grogol, Bagas Windaryanto, telah berkoordinasi dengan jajaran pejabat Musyarawah Pimpinan Kecamatan (Muspika) terkait pemakaman pasien tersebut.

Round-Up Corona: Boyolali Pecah Telur, Soloraya Zona Merah

Apalagi sesuai prosedur, pemakaman pasien positif Covid-19 harus dilakukan maksimal empat jam setelah kematian.

"Kami bersama warga langsung menyiapkan prosesi pemakaman dari mulai proses penggalian kuburan hingga pengantaran jenazah ke lokasi pemakaman," katanya kepada Solopos.com, Minggu (19/4/2020).

Tempat pemakaman Umum (TPU) Daksinoloyo dipilih pihak keluarga untuk memakamkan jenazah tenaga kesehatan PDP Covid-19, AI.

Solopos Hari Ini: Soloraya Tambah 12 Kasus Positif Corona

Dalam prosesi pemakaman tersebut tidak ada penolakan dari warga karena sebelumnya telah mendapatkan edukasi dan sosialisasi SOP pemakaman pasien Covid-19. Pihak keluarga menyaksikan pemakaman dari jarak jauh.

Nakes Pertama Positif Corona di Soloraya

AI merupakan tenaga kesehatan pertama di wilayah Soloraya yang meninggal terkait kasus Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan, hingga kini masih melakukan penelusuran terhadap temuan kasus positif Covid-19 pada salah satu tenaga kesehatan.

Heboh Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Pertanda Apa?

Termasuk sumber penularan apakah berasal dari pasien postif Covid-19 atau kegiatan lainnya. Hal ini lantaran yang bersangkutan bekerja di bidang kesehatan.

Berita ini telah disunting yang awalnya berjudul Tenaga Kesehatan Pertama Positif Covid-19 di Soloraya Meninggal Dunia. 

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita