SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Menjelang lebaran kita mulai disibukkan untuk membersihkan dan memperindah rumah, dan melakukan persiapan untuk menyuguhkan beragam makanan untuk sanak saudara yang akan berkunjung.

Kini ketika Lebaran telah usai, saatnya kembali pada rutinitas sehari-hari. Semua perlengkapan makan, karpet dan peralatan lainnya harus segera dibersihkan dan disimpan agar awet dan dapat digunakan lagi tahun depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ruangan pun ditata kembali seperti semula, karena tidak banyak lagi tamu yang datang seperti ketika Lebaran. Sehingga Anda harus merencanakan untuk bersih-bersih rumah dan membuatnya cemerlang kembali.

Berbagi pengalaman membersihkan perabot usai Lebaran dituturkan oleh Retno Wardani, 47, ibu rumah tangga. Warga Kota Jogja ini menuturkan, sebagai anak sulung, saat Lebaran rumahnya selalu sangat ramai dikunjungi.

Biasanya setelah acara kumpul keluarga, yang banyak terkena kotoran adalah karpet, lantai, piring, gelas dan ruang keluarga atau ruang tamu. Ruangan yang tadinya sudah ditata rapi, karena banyaknya sanak keluarga yang berkunjung akhirnnya diperluas sampai ruang lain. Sehingga ruangan yang dibuka lebih luas, maka dari itu perabot yang digunakan juga semakin banyak. Bersih-bersih usai Lebaran biasanya yang utama yaitu pada:

Karpet
Sofa dan karpet mungkin salah satu bagian interior rumah yang paling sering terkena noda sisa makanan. Selain menimbulkan bau yang tak sedap, bekas makanan/minuman yang tumpah mungkin menimbulkan noda, karpet dapat dibersihkan dari debu atau noda yang menempel dengan campuran  cuka dan air dalam satu botol semprotan, semprotkan pada noda dan biarkan meresap selama beberapa menit, lalu gosok dengan spons dan air sabun lalu serap dengan kain bersih, setelah itu angina-anginkan agar kering dan tidak lembab kemudian setelah kering gulung dan lapisi dengan plastik pada ujung-ujungnya agar tidak mudah kotor dan kemasukan debu.

Untuk menghilangkan bau pada karpet dapat dibersihkan dengan baking soda, caranya taburkan baking soda di permukaan karpet 15-30 menit. Bila bau cukup menyengat diamkan karpet semalaman, setelah itu bisa menggunakan penyedot debu.

Lantai
Untuk kebersihan lantai keramik diruangan dapat dilakukan dengan menyapu dan mengepel lantai dengan pewangi seperti biasa, namun jika ada noda membandel di lantai dapat menggunakan kain lap kaos yang dibasahi dengan cuka putih dan air kemudian pelan-pelan sampai bersih baru kemudian baru  dipel dengan pewangi.

Mebel
Jika noda pada meubel kayu dirasa ringan cukup semprotkan air seduhan teh dan dilap dengan kain lap kaos yang lembut agar perabot tidak tergores. Setelah dilap dengan kain lap yang dicelup dalam rendaman teh itu pastikan perabot kayu tidak terlalu basah atau keringkan lagi dengan lap halus yang kering.

Namun jika noda membandel dan ingin hasil lebih mengkilap maka sesekali, gunakan cairan khusus untuk mengilapkan sekaligus melindungi perabot kayu. Hal ini bisa membuat perabot kayu lebih tahan dari lembab, dan juga lebih awet. Debu pada sofa bisa dihilangkan dengan vacum cleaner.

Perabot makan

Perabot makan seperti gelas dan piring mungkin tidak bersih sempurna setelah dicuci maka bisa digunakan cuka/perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Semprotkan pada gelas dan piring dan kemudian cuci dengan sabun seperti biasa.

Pisahkan terlebih dahulu perabot yang berminyak dengan yang tidak berminyak. Jangan menumpuk mangkok dan piring yang berminyak dari sayur dan daging serta jangan celupkan ke dalam air, karena dengan begitu perkakas akan semakin berminyak dan sulit dibersihkan. Harusnya perkakas dibersihkan terlebih dahulu dengan air lemon kemudian dipisah dan masukkan ke dalam air, cuci dan bilas bersih.

Untuk penyimpanan agar tetap steril, bersihkan semua perlengkapan makan, seperti sendok, garpu, tempat lauk-pauk, piring dan perlengkapan makan dengan lap berbahan kaos sampai tidak ada air yang tersisa, kemudian masukkan ke dalam kardus. Beri kertas Koran bekas  di sela-selanya untuk memisahkan antara yang satu dengan yang lain serta berguna untuk menyerap bau dan lembab.

Pernak-pernik
Setelah acara usai tata kembali kursi dan meja tamu seperti semula untuk menjaga kenyamanan hunian, demikian juga dengan ruang keluarga yang digunakan untuk menyambut tamu saat Lebaran. Susun perabotan tersebut sesuai kebutuhan serta simpan dan rapikan asesoris interior dengan memisahkan barang yang mudah pecah atau pernak-pernik lain dapat disingkirkan untuk sementara waktu dengan meletakkan kembali ke tempat semula.

Kue Kering dan makanan
Kumpulkan kue kering yang masih tersisa dan lihat masa kadaluarsanya, agar ketika disimpan dalam waktu lama masih bisa dikonsumsi. Pilahkan dan simpan di stoples kaca yang rapat dengan dilapisi plastik pada tutupnya agar tetap renyah. Kemudian letakkan di lemari penyimpan atau meja ruang keluarga sehingga masih dapat dimanfaatkan, untuk menjamu tamu meskipun sudah tidak dalam rangka menyambut Lebaran. (Wartawan Harian Jogja/Siwaratri Erawati)

Foto ilustrasi (cleanpros.hubpage.com)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya