Bersihkan Mobil dari Virus, Perhatikan Bagian Ini
Ilustrasi bersihkan mobil supaya terhindar dari virus corona. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Bersihkan interior mobil agar terhindar dari bakteri berbahaya dan virus mematikan adalah hal yang wajib dilakukan. Ada beberapa bagian di interior mobil yang tak bisa terlewat untuk dibersihkan. Bagian mana saja?

Menurut Direktur Operasi di Pusat Uji Auto Consumer Report, Jennifer Stockburger, setidaknya ada 10 bagian mobil yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya kuman, bakteri, termasuk virus seperti Covid-19.

Tips Membersihkan Interior Mobil dari Ancaman Virus Corona

"Bila Anda atau orang lain yang pernah menumpang mobil Anda menunjukkan gejala penyakit, maka permukaan yang sering disentuh harus dibersihkan," jelas Jennifer Stockburger, seperti dilansir dari Auto Consumer Reports.

Ia menambahkan, setidaknya ada beberapa titik pada area mobil yang rentan terhadap virus. Di antaranya seperti pegangan pintu luar, area setir, tombol-tombol konsol tengah, panel layar sentuh area sekitar head unit, juga tuas transmisi.

Selain itu bagian lain yang perlu diwaspadai adalah tuas lampu sein, wiper, sandaran lengan pengemudi dan penumpang, pegangan pintu dalam, dan tuas pengatur posisi jok.

Tugimin Kecelakaan Pakai Jersey Persis Solo, Pasoepati: Klub Harus Bantu

Bersihkan Mobil

Sebagai langkah pencegahan, bagian-bagian ini perlu rutin dibersihkan. Cukup gunakan cairan pembersih yang mengandung sedikit sabun. Diamkan sekitar beberapa detik sebelum dibilas.

Membersihkan interior mobil dengan cairan mengandung sabun akan membantu menjaga kendaraan bersih dari ancaman Virus Corona baru. Perlu diperhatikan, jangan membersihkan interior menggunakan cairan alkohol, aseton, minyak tanah, dan bensin karena cairan-cairan ini akan merusak interior.

Selain itu, untuk meminimalkan laju pandemi, negara-negara melakukan kuncitara atau kunci sementara alias lockdown, sementara pemerintah Indonesia dan setempat juga mengimbau agar warga melakukan social distancing di kediaman masing-masing.

Disebut Jokowi Sebagai Obat Virus Corona, Ini Penjelasan Tentang Avigan dan Klorokuin

Bagaimanapun, social distancing adalah wacana penting untuk mencegah cepatnya laju Novel Coronavirus. Dengan menerapkan Working From Home (WFH), tidak bepergian kecuali sangat penting atau mendesak, serta membatasi lingkup gerak sosial termasuk bertemu dengan banyak orang, semoga kondisi masyarakat Indonesia terutama aspek kesehatan terus menunjukkan grafik aman terkendali dalam kurva eksponensial melawan laju Virus Corona atau COVID-19.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho