SOLOPOS.COM - Satuan Tugas Proklim Desa Margoyoso, Salaman, Kabupaten Magelang, melaksanakan bersih-bersih Sungai Buthek (antara)

Solopos.com, MAGELANG -- Satuan Tugas Proklim Desa Margoyoso, Salaman, Kabupaten Magelang, melaksanakan bersih-bersih Sungai Buthek dilanjutkan menebar bibit ikan.

Ketua Satgas Proklim Desa Margoyoso, Bariah,  menuturkan bersih-bersih sungai dibagi menjadi tiga tim, diawali dari wilayah Jembatan Kragan Dusun Tubansari, Jembatan Bengkekan, dan Dam Ngelis perbatasan Dusun Sabrang-Kalisari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Aksi ini digelar untuk menjaga kebersihan sungai agar tetap sehat. Kami juga menebar berbagai jenis ikan di Sungai Buthek dan saluran irigasi," katanya dalam siaran pers di Magelang, seperti dikutip Antara, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga : Nepal Van Java Kaliangkrik Magelang Bikin Menteri Sandiaga Penasaran Nginap

Berbagai lembaga desa yang terlibat di antaranya BPD, PKK, BP Spams, Karang Taruna, komunitas pemancing, kader kesehatan, Relawan Kebencanaan Fortis, KPMD, Koperbam, Ansor, dan Babinsa-Bhabinkantibmas Desa Margoyoso.

Ia mengatakan selain memperingati Hari Air Dunia, aksi bersih-bersih ini merupakan program kerja dari Satgas Proklim 2021. Sampah yang diambil seperti sampah plastik dan sampah organik. Satgas Proklim terus berikhtiar menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

"Aksi ini diikuti sekitar 35 orang, yang mewakili dari lembaga yang ada di desa. Selain momentum memperingati Hari Air, hal ini juga untuk menyongsong Bulan Suci Ramadan 2021," katanya.

Kebiasaan Buruk

Selain menyisir sampah di pinggir sungai, warga memungut sampah yang tersangkut di tengah sungai. Sampah-sampah yang sudah diambil dimasukkan dalam karung, kemudian dikumpulkan ke beberapa titik, yang nantinya dipusatkan dalam satu pembuangan sampah.

Kepala Desa Margoyoso Adi Daya Perdana menyampaikan sampah hal yang seharusnya mendapat perhatian lebih, tidak hanya pemerintah tetapi juga masyarakat secara menyeluruh. Hampir pasti, semua rumah tangga menghasilkan sampah setiap hari.

Ia menuturkan jangan sampai ke depan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan ini justru menjadi musibah. Maka perlu kesadaran bersama antara pemerintah, lembaga desa, dan masyarakat. Pada akhir 2020, Desa Margoyoso dinobatkan sebagai Kampung Proklim Utama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tebar bibit ikan sebagai upaya menjaga ekosistem sungai. Sekitar 550 benih ikan terdiri atas ikan mas, nila, dan melem ditebar di sungai dalam kegiatan ini.

Baca Juga : Padi Jangir, Satu Lagi Varietas Unggulan Kabupaten Magelang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya